ASIAN GAMES 2018: Imigrasi Bandara Siapkan Konter Khusus Kontingen

Pihak imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menyiapkan konter khusus bagi kontingen Asian Games 2018 guna memudahkan mobilitas sehingga terhindar dari antrean panjang dengan penumpang reguler.
Ilham Budhiman | 13 Juli 2018 15:46 WIB

Bisnis.com, TANGERANG -- Pihak imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menyiapkan konter khusus bagi kontingen Asian Games 2018 guna memudahkan mobilitas sehingga terhindar dari antrean panjang dengan penumpang reguler.

"Kami beri kemudahan [untuk para kontingen] dengan adanya konter khusus. Kami pisahkan dengan penumpang reguler," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Enang Syamsi, Kamis (12/7/2018).

Menurutnya, setidaknya ada 10 konter khusus yang disiapkan pihak imigrasi untuk menangani 45 negara peserta, di samping 20 konter yang sudah ada untuk para penumpang reguler.

"Bayangkan [jika tidak ada konter khusus] apabila 5 pesawat berdatangan bersamaan, dengan jumlah seluruhnya 1.500 orang. Ini bisa menyebakan kebingungan untuk Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), mana penumpang reguler dan kontingen. Sehingga kami atur sedemikian rupa," ujar Enang.

Selain itu, pihak imigrasi menyiapkan 800 personel di mana 30 orang di antaranya bakal menjadi Liaison officer (LO) guna memudahkan komunikasi langsung dengan pihak Inasgoc.

"Mereka akan diberi tanda khusus yang langsung berhadapan dengan pihak Inasgoc," tambahnya.

Meski demikian, perlaukan khusus tersebut tidak serta merta melupakan penumpang reguler.

"Kami ada win-win solution, karena tidak hanya menomorsatukan Inasgoc. [Penumpnag] reguler tetap terantisipasi]," tegas Enang.

Inasgoc sebelumnya menyebutkan ada 16.000 atlet dan ofisial Asian Games 2018 dari 45 negara yang sudah mengonfirmasi turut serta dalam ajang tersebut.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top