Kendaraan yang Melintas di Tol Cipali Meningkat 16%

Operator jalan tol CikampekPalimanan, PT Lintas Marga Sedaya menyatakan bahwa volume lalu lintas kendaraan yang melintas di tol tersebut pada H-10 sampai H-2 mudik Lebaran pada kali ini meningkat 15%16% dibandingkan dengan tahun lalu.
Irene Agustine | 13 Juni 2018 14:02 WIB
Antrean kendaraan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6). Data dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada H-5 Lebaran, jumlah kendaraan yang keluar dari gerbang tol Palimanan mencapai 44.408 mobil. - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA — Operator jalan tol Cikampek—Palimanan, PT Lintas Marga Sedaya menyatakan bahwa volume lalu lintas kendaraan yang melintas di tol tersebut pada H-10 sampai H-2 mudik Lebaran pada kali ini meningkat 15%—16% dibandingkan dengan tahun lalu.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis mengatakan bahwa selain meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, volume lalu lintas kendaraan yang melewati tol Cikampek—Palimanan (Cipali) juga lebih merata pada tahun ini.

Tahun lalu, dia menyebutkan bahwa puncak mudik terjadi pada H-3 Lebaran dengan total kendaraan yang melintas mencapai 83.000/hari. Tahun ini, puncak mudik malah sudah terjadi pada H-4 Lebaran atau pada minggu lalu dengan total kendaraan membeludak hingga 90.000 unit per hari.

Namun, katanya, pada H-3 dan H-2 Lebaran tahun ini yang jatuh pada kemarin dan hari ini, volume lalu lintas juga tetap tinggi di kisaran 85.000 kendaraan—86.000 kendaraan/hari atau lebih tinggi di atas puncak tahun lalu.

“Jumlahnya tetap hampir sama dan merata dalam 3 hari ini, tetapi volumenya lebih tinggi dari puncak tahun lalu. Untuk Senin kemarin sekitar 85.000 kendaraan per hari dan hari ini mungkin sekitar 86.000 kendaraan,” jelas Firdaus saat dihubungi Bisnis, Rabu (13/6/2018).

Adapun, dalam situasi normal, jumlah kendaraan yang biasanya melewati tol Cipali hanya 27.000 kendaraan/hari. Artinya, situasi lalu lintas di tol sepanjang 116 Km tersebut sudah meningkat hingga empat kali dalam beberapa hari terakhir.

Firdaus memperkirakan peningkatan jumlah kendaraan dan lebih meratanya volume kendaraan yang melintas disebabkan sistem hari libur yang lebih panjang sehingga hari puncak yang biasanya terjadi pada H-2 dan H-3 lebih terdistribusi pada tahun ini.

Tag : jalan tol, mudik lebaran, jalan tol cipali
Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top