Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 10 Iklan Indonesia Terpopuler di YouTube

Pada 2018 jumlah peraih status Gold Button bertambah sebanyak 10 channel, sehingga jumlah channel yang subscriber-nya lebih dari 1 juta sekarang menjadi 38 channel, dari hanya 2 channel pada 2016.
/istimewa
/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Google mengumumkan bahwa momentum YouTube di Indonesia terus melaju dengan bertambahnya jumlah jam konten yang diunggah dari Indonesia mencapai lebih dari dua kali lipat dari pada tahun lalu.

Selain itu, pada 2018 jumlah peraih status Gold Button bertambah sebanyak 10 channel, sehingga jumlah channel yang subscriber-nya lebih dari 1 juta sekarang menjadi 38 channel, dari hanya 2 channel pada 2016.

Brand dan juga para kreator menyadari bahwa YouTube adalah kanvas yang luas untuk menyampaikan cerita dengan kreatif dan bahwa mereka harus berusaha keras untuk menarik perhatian pemirsanya.

"Kami melihat adanya pertumbuhan jumlah kreator yang pesat di Indonesia. Orang Indonesia tidak hanya melihat konten internasional di YouTube, tetapi mereka begitu bangga dengan kreator lokal yang mampu berinteraksi dengan mereka dalam bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan mereka," jelas Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, dalam siaran pers, Jumat (11/5/2018).

Dia berpendapat para marketeer di Indonesia telah menyadari hal ini dan memanfaatkan talenta lokal untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat, baik di perkotaan maupun di luar perkotaan.

Berikut ini 10 iklan terpopuler yang memikat perhatian pemirsa Indonesia melalui kombinasi dari popularitas dan promosi:

  1. Nego Cincai Bukalapak – Bukalapak
  2. SORE Istri dari Masa Depan Episode #1 – Tropicana Slim
  3. Godaan Shopee – Shopee
  4. ONIGIRI THE SERIES EPISODE 1 – PocariID
  5. #HidupTanpaBatas – Go-Jek Indonesia
  6. JD.ID #DijaminOri – JD.ID
  7. Indoeskrim Kisah Legenda Nusantara (3’) – Indoeskrim Indonesia
  8. 1001 Inspirasi Ramadan Jelang Buka: Episode 1 Aku Tinggal Sama Mama – 1001 Inspirasi Ramadhan
  9. Semua Gara-Gara Saaiah Halilintar Ep1 – Smartfren
  10. BAPR Balada Al Prilly Eps 1 Dendam Si Preman – Vivo Indonesia

Adapun, tema kunci Gold Button Awards pada 2017 adalah pertama, menyampaikan cerita secara bertahap dalam beberapa bagian. Brand-brand Indonesia ternyata mampu menyampaikan cerita dengan baik, contohnya Smartfren, Tropicana Slim dan PocariID yang semuanya memilih membuat seri video yang banyak diminati.

Kedua, lokal and seasonal. Brand yang menunjukkan bahwa mereka memahami kehidupan sehari-hari pelanggannya cenderung akan lebih berhasil menjalin hubungan dengan pemirsa. Brand seperti SHOPEE dan ULI -1001 Inspirasi menyadari hal ini dengan membuat iklan yang memanfaatkan momen Tahun Baru Imlek dan Ramadan.

Ketiga, gunakan sosok yang terkenal (dan tepat). Menggunakan selebriti untuk menjual produk adalah ide yang sudah lama dipakai, namun di YouTube Anda perlu memilih sosok yang tepat, termasuk kreator lokal yang sudah dikenal. Bukalapak, GO-JEK dan Vivo Indonesia menggunakan strategi ini.

Keempat, eksperimen dengan durasi. Dengan durasi iklan yang beragam, dari iklan 30 detik SHOPEE Indonesia hingga iklan 12 menit Tropicana Slim, ada berbagai macam durasi dan gaya iklan yang masuk di daftar ini.

Brand bisa bereksperimen untuk menemukan gaya yang tepat bagi pesan mereka, daripada cuma menjejalkan pesan mereka ke dalam slot yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper