Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Kertajati Layani Penerbangan Relasi Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Samarinda

Kementerian Perhubungan akan mempublikasikan rute penerbangan yang bisa digunakan maskapai dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati pada 24 Mei 2018 dengen enam relasi kota tujuan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 17 April 2018  |  10:53 WIB
Bandara Kertajati Layani Penerbangan Relasi Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Samarinda
Foto aerial proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/3). Jelang operasional BIJB pada Mei 2018, proyek pembangunan fisik Bandara BIJB yang saat ini telah mencapai 91,2 persen dan ditargetkan rampung pada April mendatang. ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi
Bagikan

Bisnis.com, MAJALENGKA—Kementerian Perhubungan akan mempublikasikan rute penerbangan yang bisa digunakan maskapai dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati pada 24 Mei 2018 dengen enam relasi kota tujuan.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengaku sedang mempersiapkan analisis destinasi asli (origin destination) dari masyarakat Jawa Barat yang sebelumnya menggunakan bandara lain.

"Pada 24 Mei nanti kami akan publikasikan rute mana saja dan maskapai apa yang diberikan untuk menerbangi bandara di Kertajati," kata Agus saat melakukan peninjauan di BIJB, Selasa (17/4/2018).

Nantinya, sejumlah rute dari enam kota besar akan ditawarkan kepada sejumlah maskapai nasional untuk singgah ke BIJB. Enam kota tersebut, adalah Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan salah satu dari Samarinda atau Balikpapan.

Agus menuturkan sejauh ini hanya Citilink Indonesia yang sudah mengajukan keberminatan untuk membuka rute penerbangan ke BIJB. Pihaknya juga mengalokasikan sebagian penerbangan tambahan (extra flight) saat musim Lebaran untuk bandara tersebut.

Rute yang dimiliki oleh Citilink, nantinya akan disesuaikan dengan hasil pemetaan origin destination. Sebanyak 10 kabupaten disebut menjadi pasar potensial pengguna BIJB.

Baca juga: Bandara Kertajati: Landasan Siap 100%, Terminal Penumpang Baru 96%

Dia memerinci potensi pasar radius hingga 40 Km seperti Subang, Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Sumedang. Sementara, untuk radius 60 Km ada Karawang, Ciamis, Purwakarta, hingga Brebes.

"Kami tidak ingin ketika rute dibuka justru kosong dan maskapai rugi. Kami siapkan survey yang masif agar memperoleh keputusan rute yang tepat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top