Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Kunjungan Kapal Yacht ke Sabang Meningkat

Sabang mencatat lonjakan jumlah kapal layar yacht yang berkunjung ke sana. Tercatat jumlah kunjungan yacht dari berbagai negara pada triwulan pertama 2018 ke Kota Sabang atau Pulau Weh mencapai 21%.
Ilustrasi: Sejumlah kapal yang ikut serta di Sail Sabang 2017/Rahayuningsih
Ilustrasi: Sejumlah kapal yang ikut serta di Sail Sabang 2017/Rahayuningsih

Bisnis.com, SABANG, Aceh  - Sabang mencatat lonjakan jumlah kapal layar yacht yang berkunjung ke sana. Tercatat jumlah kunjungan yacht dari berbagai negara pada triwulan pertama 2018 ke Kota Sabang atau Pulau Weh mencapai 21%.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang Anton Helistiawan di Sabang, Senin (16/4/2018) menyatakan, sebanyak 34 kapal wisata yacht asing terhitung sejak Januari hingga Maret 2018 berkunjung ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Berdasarkan data keimigrasian, Oktober hingga Desember 2017 sebanyak 27 kapal wisata yacht bekunjung ke Sabang dan pada triwulan pertama 2018 Kota Sabang kedatangan 34 kapal yacht," katanya.

Dia menyebutkan, ke-34 kapal yacht yang berkunjung ke pulau terluar paling ujung barat Indonesia tersebut, satu di antaranya kapal pesiar dan jumlah wisatawan keseluruhan sebanyak 1.071 orang.

"Kedatangan kapal pesiar ke Sabang tujuannya untuk berwisata dan wisatawan itu didominasi dari Australia, Amerika Serikat, Eropa, sebagian Afrika dan Asia," jelasnya.

Anton menyampaikan, meningkatnya kunjungan kapal yacht ke Sabang juga berdampak terhadap perpanjangan izin tinggal kunjungan.

Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang telah memberikan izin tinggal kunjungan kepada 74 wisatawan asing.

Kantor Imigrasi Kelas II Kota Sabang juga telah memberikan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) 8 orang dan Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) 9 orang.

"Tujuannya beragam di antaranya berwisata, bekerja dan bahkan ada yang investasi atau penanaman modal dan kemudian ada juga penyatuan keluarga karena perkawinan campuran," jelas dia.

Kepala Unit Kepelabuhanan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Zulkarnaini Abdullah membenarkan, pada triwulan pertama 2018 sebanyak 34 kapal yacht telah berkunjung ke Sabang dan satu di antaranya kapal pesiar.

"Syukur Alhamdulillah kunjungan kapal yacht terus meningkat ke Sabang, Januari hingga Maret 2018 sebanyak 34 kapal yacht sudah datang ke Sabang dengan tujuan berwisata, dan April ini ada dua lagi kapal yacht datang ke Sabang," katanya.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing, BPKS akan menggelar Sabang Marine Festival (SMF) dari 26 hingga 30 April 2018. SMF sudah menjadi agenda tahunan BPKS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper