Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Paskah, JSMR Prediksi 70.000 Kendaraan Lintasi GT Cikarang Utama

Jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama menuju Cikampek diperkirakan meningkat 10,26% pada Hari Raya Paskah.
Tol Cikampek di kawasan Bekasi/Bisnis-Nurul Hidayat
Tol Cikampek di kawasan Bekasi/Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama menuju Cikampek diperkirakan meningkat 10,26% pada Hari Raya Paskah.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru memprediksi sebanyak 70.000 kendaraan melintasi GT Cikarang Utama yang mengarah ke Cikampek saat Hari Raya Paskah. Jumlah itu naik 10,26% ketimbang jumlah kendaraan saat lalu lintas normal, yakni 63.482 kendaraan.

"Jasa Marga memprediksi volume lalu lintas yang melalui sejumlah gerbang tol di beberapa jalan tol saat liburan Hari Raya Paskah akan meningkat cukup signifikan," tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/3/2018).

Libur Hari Raya Paskah diperingati pada 29 Maret-1 April 2018. Heru memperkirakan puncak arus mudik libur Paskah di GT Cikarang Utama arah Cikampek terjadi pada Kamis (29/3), sedangkan arus balik pada Minggu (1/4).

Volume lalu lintas di GT Cikarang Utama arah Jakarta diproyeksi melonjak 19,66% menjadi 90.000 kendaraan dari volume lalu lintas normal yang sebanyak 75.210 kendaraan.

Titik kepadatan arah mudik diprediksi terjadi di SS Cikunir, Rest Area (Km 19 A, Km 33 A, Km 39 A, Km 57 A), Km 21 A , Km 37 A, dan GT Cikarang Utama. Sementara itu, kepadatan saat arus balik diprediksi berlangsung pertemuan arus lalu lintas dari Cipali dan Purbaleunyi atau SS Dawuan, TIP 62 B, TI 52 B, Km 46 B (lokasi awal proyek), dan TIP 42 B.

Jumlah kendaraan di gerbang tol lain, yakni Ciawi untuk Jalan Tol Jagorawi juga diprediksi meningkat. Saat berangkat menuju Puncak, diperkirakan 33.965 kendaraan melewati gerbang tol Ciawi atau naik 35,12% dari arus lalu lintas normal.

Jasa Marga juga memperkirakan 31.458 kendaraan akan melewati gerbang tol Ciawi saat arus balik menuju Jakarta. Angka itu naik 6,7% dibandingkan jumlah kendaraan yang melaju saat lalu lintas normal.

"Untuk GT Ciawi, puncak arus mudik libur panjang juga diprediksi pada Kamis (29/3) dan puncak arus balik pada Minggu (1/4)," ujar Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper