Jaya Ancol Jalin Kerja Sama Konservasi Biota Laut dengan Kabupaten Berau

PT Taman Impian Jaya Ancol menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Berau dalam hal wisata dan rekreasi, konservasi ekosistem, penelitian dan penyelamatan biota laut.
Agne Yasa | 09 Maret 2018 13:31 WIB
Bupati Berau Muharram (kemeja putih) dan Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol C. Paul Tehusijarana (tengah, batik cokelat terang) berfoto bersama usai menandatangani nota kesepahaman mengenai wisata dan konservasi laut di Jakarta, Jumat (9/3). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Taman Impian Jaya Ancol menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Berau dalam hal wisata dan rekreasi, konservasi ekosistem, penelitian dan penyelamatan biota laut.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak pada Jumat (9/3/2018).

“Kami berharap dengan misi kerja sama ini, Ancol dan Pemerintahan Kabupaten Berau dapat saling melengkapi dalam melakukan edukasi serta konservasi agar kekayaan biota laut Indonesia terjaga kelestariannya” ujar C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol.

Untuk diketahui, Pulau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Derawan, Kalimantan Timur merupakan salah satu kawasan yang sangat kaya akan keragaman biota lautnya.

Di Danau Kakaban, dapat ditemukan jenis ubur-ubur yang tidak menyengat. Ada empat jenis ubur-ubur di danau tersebut, antara lain golden jellyfish dan moon jellyfish.

Sementara itu, kini di Ancol juga dapat ditemui ubur-ubur yang diperlihatkan dalam satu kawasan aquarium jellyfish di Seaworld Ancol.

Taman Impian Jaya Ancol sebagai pengelola kawasan rekreasi pinggir pantai yang berbasis edukasi dan konservasi merasa perlu menjalin kerjasama untuk memperkaya konten keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia.

Untuk itu, melalui penjajakan yang dilakukan sebelumnya, manajemen Ancol telah melakukan kunjungan ke Kabupaten Berau dan mendapatkan respons positif dari pemerintahan setempat. Hasil dari kunjungan diwujudkan dengan kerja sama wisata dan rekreasi, konservasi ekosistem, penelitian dan penyelamatan biota laut.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan konten informasi dan edukasi mengenai kekayaaan keragaman hayati Indonesia.

Selain itu, dalam kerja sama tersebut juga akan dilakukan pengelolaan potensi sumber daya alam daerah Kabupaten Berau. Rencananya, hal tersebut akan dilakukan melalui program penyebarluasan pengetahuan dan wawasan tentang biota yang ada di Kabupaten Berau.

Kemudian, kerja sama penyelamatan terhadap biota yang terancam ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keanekaragaman hayati beserta ekosistem di kabupaten tersebut.

Ancol sebagai salah satu lembaga konservasi telah menerapkan upaya-upaya pelestarian biota laut seperti breeding lumba-lumba di Ocean Dream Samudra serta memperkaya jenis biota yang berada di Seaworld Ancol. Hal tersebut sejalan dengan konsep kawasan Ancol yang mengusung tema edutainment, yang mana pengunjung yang berwisata ke Ancol tidak hanya disuguhkan dengan beragam hiburan namun dilengkapi dengan nilai-nilai edukasi.

Tag : taman impian jaya ancol
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top