Mari Elka Angkat Bicara Soal Daring Buat UMKM

Mari Elka Pangestu, , Penasihat Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), memengatakan tantangan bagi UMKM saat ini yaitu perubahan teknologi, pemerintah juga sangat sadar dan menggalakkan progam pelatihan agar UMKM bisa menggunakan teknologi digital untuk cara penjualannya, mengelola, dan lainnya.
Agne Yasa | 08 Maret 2018 21:38 WIB
Mari Elka Pangestu (kanan). - .

Bisnis.com, JAKARTA- Mari Elka Pangestu, , Penasihat Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), memengatakan tantangan bagi UMKM saat ini yaitu perubahan teknologi, pemerintah juga sangat sadar dan menggalakkan progam pelatihan agar UMKM bisa menggunakan teknologi digital untuk cara penjualannya, mengelola, dan lainnya.

“Ini saya rasa penting sebelum UKM terlalu jauh ketinggalan,” katanya.

Kemudian, menurutnya UMKM juga harus mampu melihat permintaan ke depan dan jangan terjebak dengan permintaan serta cara menjual lama.

Menurutnya, semua UMKM harus bisa memahami dan jeli menangkap hal-hal yang bisa dilakukan. Selain itu, dari sisi produk juga harus lebih baik, bisa mendapatkan pembiayaan, memenuhi order besar.

“Ini harusnya kementerian terkait harus kerja sama. Menciptakan mekanisme koordinasi supaya bisa melihat dampaknya,” katanya.

Sementara itu, Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan saat ini tantangan bagi pelaku UMKM adalah mengadaptasi teknologi yang ada agar tetap bertahan. Kemudian dari sisi produk juga harus mampu bersaing dengan produk asing yang datang.

“Kementerian Koperasi dan UKM juga melakukan kerja sama dengan beberapa platform dagang-el di Indonesia,” katanya.

 

Tag : mari elka pangestu
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top