PLB E-commerce Bisa Jadi Pangsa Marketplace Asing

Adanya Pusat Logistik Berikat (PLB) e-commerce akan membuat pengusaha e-commerce asing seperti Alibaba, Amazon dan lainnya menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar utama mereka.
Jaffry Prabu Prakoso | 01 Maret 2018 18:14 WIB
Petugas keamanan berjaga di salah satu Pusat Logistik Berikat (PLB) di Indonesia di Kawasan Industri Krida Bahari, Cakung, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Adanya Pusat Logistik Berikat (PLB) e-commerce akan membuat pengusaha e-commerce asing seperti Alibaba, Amazon dan lainnya menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar utama mereka.

Konsultan senior Supply Chain Indonesia  Widia Erlangga mengatakan pengusaha asing bisa melihat peluang ini untuk menjadikan Indonesia sebagai hub logistik di Asia tenggara.

“PLB e-commerce dibuat dalam rangka negeri ini turut mendukung industri online yang makin besar di Indonesia,” katanya kepada Bisnis.

Keberadaan PLB e-commerce juga akan membuat pengusaha lokal menggenjot produk jualannya agar dikenal ke negara lain.

Akan tetapi mereka juga harus bisa mengantisipasi dengan makin beragam barang retail yang bisa langsung masuk dan bersaing dengan produk lokal.

Pemerintah akan mengeluarkan peraturan PLB dagang elektronik dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan. Saat ini prosesnya sudah dalam konsep pematangan dan sedang tahap finalisasi.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea dan Cukai Deni Surjantoro mengatakan pembuatan peraturan ini dimulai sejak Desember 2017. Rencananya jika sudah final akan diluncurkan pada tahun ini.

“Ada beberapa isu, terutama terkait perpajakan yang perlu dimatangkan lagi,” katanya. 

Tag : pusat logistik berikat
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top