Pemerintah Harus Amankan Data Pengguna Transportasi Umum

Pemerintah diharapkan menjaga dan mengamankan data pengguna transportasi umum serta sistem digital agar tidak diserang virus berbahaya.
Jaffry Prabu Prakoso | 27 Februari 2018 18:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno naik Transjakarta, Selasa (17/20/2017). - Bisnis.com/Miftahul Khoer

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah diharapkan menjaga dan mengamankan data pengguna transportasi umum serta sistem digital agar tidak diserang virus berbahaya.

Country Manager Symantec Indonesia Andris Masengi mengatakan hal ini penting demi menjaga privasi individu. Selain itu juga untuk mengamankan sistem itu sendiri.

Andris pernah menangani masalah penyedia jasa transportasi asal Inggris yang terserang virus dan membuat sistem tidak berfungsi selama beberapa jam. “Setelah dicek virus berasal dari device [salah satu pekerja],” katanya di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Ini membuktikan bahwa serangan virus bisa berasal dari mana saja. Yang harus dilakukan pemerintah adalah tetap berhati-hati dan melakukan proteksi dini termasuk data pengguna transportasi umum. “Data ini padahal sangat penting dan berbahaya jika jatuh ke pihak yang tidak berkepentingan,” jelasnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
keamanan data

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top