Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia (SMGR) Cetak Penjualan 2017 Tumbuh 10,2%

Bisnis.com, JAKARTA Produsen semen plat merah PT Semen Indonesia Tbk. mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 10,2% pada sepanjang 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk  Agung Wiharto (dari kiri), Direktur Agung Yunanto, Plt Direktur Utama Johan Samudra, Direktur Utama PT Semen Gresik Gatot Kustyadji, dan Direktur PT Semen Indonesia Tbk  Ahyanizzaman meluncurkan produk semen baru dengan merek Maxstrength Cement, di Jakarta,  Rabu (30/8)./JIBI-Dedi Gunawan
Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk Agung Wiharto (dari kiri), Direktur Agung Yunanto, Plt Direktur Utama Johan Samudra, Direktur Utama PT Semen Gresik Gatot Kustyadji, dan Direktur PT Semen Indonesia Tbk Ahyanizzaman meluncurkan produk semen baru dengan merek Maxstrength Cement, di Jakarta, Rabu (30/8)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen semen pelat merah PT Semen Indonesia Tbk. mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 10,2% pada sepanjang 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto mengatakan kinerja positif tersebut banyak disokong oleh penjualan di dalam negeri. “Tahun ini penjualan di dalam negeri tumbuh 5,5% menjadi 27,1 juta ton, dari 26,7 juta ton pada 2016 lalu,” ujarnya di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Peningkatan penjualan pabrikan bahan material yang berpusat di Gresik tersebut merupakan akumulasi penjualan dengan anak usaha, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Seperti yang dikutip dari laman resmi perseroan, dua anak usaha Semen Indonesia, yakni Semen Padang dan Semen Tonasa, masing-masing mencatatkan pertumbuhan sebesar 12,8% dan 7% pada sepanjang tahun lalu.

Semen Padang membukukan penjualan sebesar 7,63 juta ton atau meningkat dari sebelumnya yang sebesar 6,76 juta ton. Sementara itu, Semen Tonasa tercatat berhasil menjual 5,98 juta ton pada tahun lalu dari sebelumnya 5,59 juta ton pada 2016.

Sementera itu, Semen Indonesia sendiri tercatat mengalami kenaikan penjualan 10,2% menjadi 15,34 juta ton pada sepanjang 2017 dari sebelumnya 13,92 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun dari sisi ekspor, Semen Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 212% menjadi 1,87 juta ton pada 2017 dari sebelumnya 600.000 ton pada 2016 yang disumbang oleh dua anak usahanya tersebut.

Pertumbuhan ekspor paling signifikan dicetak oleh Semen Tonasa dengan 486% menjadi 764.977 ton dari sebelumnya 130.369 ton. Lalu, Semen Padang juga mencatatkan kinerja positif dari sisi ekspor dengan berhasil menjual 1,10 juta ton atau tumbuh 135% dibandingkan dengan pencapaian ekspor pada 2016 sebesar 469.141 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andry Winanto
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper