Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018: INASGOC Optimis Wisma Atlet Kemayoran Selesai Tepat Waktu

Indonesia Asian Games Organizing Committee optimistis melihat kesiapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menyelesaikan pembangunan Wisma Atlet di Kemayoran tepat waktu dan siap digunakan tahun ini.
Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir (kiri) menjawab pertanyaan wartawan seusai melakukan pertemuan di gedung KPK, Jakarta, Senin (24/7)./ANTARA-Hafidz Mubarak A
Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir (kiri) menjawab pertanyaan wartawan seusai melakukan pertemuan di gedung KPK, Jakarta, Senin (24/7)./ANTARA-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia Asian Games Organizing Committee optimistis melihat kesiapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menyelesaikan pembangunan Wisma Atlet di Kemayoran tepat waktu dan siap digunakan tahun ini.

Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Eric Tohir menilai hasil pembangunan dan fasilitas Wisma Atlet untuk event Asian Games 2018 terbilang sangat baik. Dia mengatakan, INASGOC berharap Rusun ini ke depan bisa menjadi wisma atau tempat tinggal yang nyaman bagi para atlet tamu dari luar negeri yang akan berkompetisi di ajang Asian Games Agustus 2018 mendatang.

“Kami menilai fasilitas dan hasil pembangunan athlete village atau wisma atlet di Kemayoran sangat baik,” ujar Eric Tohir usai melakukan peninjauan lapangan di Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Dia menjelaskan, dari hasil pengamatan  sejumlah fasilitas Wisma Atlet yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga memiliki kualitas yang sangat baik.

“Kualitas Rusun ini bisa dikatakan seperti apartemen sekelas bintang dua atau tiga. Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Basuki serta timnya atas hasil pembangunan dan kerja kerasnya membangun wisma atlet ini,” kata Eric.

Pada peninjauan ini, Eric yang didampingi oleh Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal serta sejumlah panitia Asian Games dari Sekretariat Negara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Mereka memulai peninjauan dari halaman depan yang tengah digarap oleh para petugas.

Kemudian peninjauan bergeser ke lantai empat di tower 2 yang berada di samping Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran. Sejumlah unit Wisma Atlet pun mereka masuki untuk melakukan pengecekan dari yang dibangun oleh Kementerian PUPR memang sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang baik.

“Kami berharap fasilitas ini nantinya juga bisa dinikmati oleh para PNS maupun masyarakat yang tinggal di Rusun Atlet ini usai ajang Asian Games 2018,” terang Eric.

Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal menjelaskan, pembangunan Wisma Atlet Asian Games telah selesai 100%. Adapun yang masih tersisa adalah pengerjaan taman di bagian halaman depan serta pemeliharaan rutin.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR membangun sebanyak 10 tower untuk Wisma Atlet. Ke sepuluh tower tersebut dibangun di dua lokasi yakni 7 tower 5.494 unit dengan daya tampung 16.482 orang di Blok D10 Kawasan Kemayoran samping RS Mitra Keluarga Kemayoran. Sisanya, tiga tower dibangun di Blok C2 yang berlokasi sebelum pintu tol Ancol. Tiga tower tersebut dibangun sebanyak 1.932 unit dengan daya tamping 5.796 orang.

Setiap unit memiliki dua kamar tidur, ruang tamu serta kamar mandi dan dapur serta ruang jemur. Berbagai fasilitas lain seperti fasilitas olahraga serta parkir kendaraan yang cukup luas, kantin serta ruang terbuka pun sudah disediakan untuk menunjang pelaksanaan Asian games 2018 mendatang.

Kementerian PUPR juga menyediakan fasilitas lain sebagai bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games seperti; meja dan kursi tamu, kemudian lemari pakaian serta tempat tidur plus AC pendingin di setiap kamar. Di kamar mandi juga sudah terpasang pemanas air, ruang jemuran, serta dapur di bagian belakang unit.

“Setiap unit sudah dilengkapi dengan fasilitasnya. Para atlet nantinya tinggal masuk saja. Pihak INASGOC juga sudah menggandeng para petugas untuk memandu para tamu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper