Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkop dan UKM Dorong Sinergi Dengan Pondok Pesantren

Kementerian Koperasi dan UKM mendorong sinergi dengan pondok pesantren sebagai pusat pemberdayaan ekonomi.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 21 Januari 2018  |  21:25 WIB
Kemenkop dan UKM Dorong Sinergi Dengan Pondok Pesantren
Ilustrasi: Ribuan santri dan warga Nahdlatul Ulama (NU) mengikuti pembacaan selawat bertajuk "1 Miliar Sholawat Nariyah Untuk Keselamatan Bangsa" di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/10). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong sinergi dengan pondok pesantren sebagai pusat pemberdayaan ekonomi.

Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan pesantren dapat dikembangkan untuk memiliki tiga peran strategis.

Pertama sebagai lembaga bisnis pesantren yang melaksanakan usaha di sektor produksi, konsumsi, pemasaran, jasa atau simpan pinjam untuk memenuhi kebutuhan dan kemandirian pesantren serta pengembangan bisnis dalam skala nasional maupun internasional.

Kedua, peran strategis pesantren dapat dilakukan melalui inkubasi bisnis santri. Nantinya diharapkan bisa menjadi laboratorium bisnis santri guna melahirkan wirausaha muslim yang tangguh di dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

Ketiga, sebagai sentra bisnis lokal dengan melibatkan masyarakat, mengembangkan sumberdaya dan kearifan lokal untuk membuat produk unggulan daerah.

Yuana mengatakan peran strategis pondok pesanten dapat diwujudkan melalui pengembangan kurikulum. Menurutnya, selain dalam bidang keilmuan umum dan keagamaan, dapat mulai diperkenalkan kurikulum berbasis kewirausahaan atau entrepreneurship, sehingga alumni pesantren tidak hanya berorentasi mencari pekerjaan tetapi sudah diarahkan penciptaan lapangan kerja.

“Dengan menerapkan sistem manajemen modern yang dilengkapi kurikulum kewirausahaan, diharapkan pesantren dapat mengembangkan ekonomi syariah di seluruh pelosok Indonesia, mengingat para santri juga berasal dari seluruh penjuru tanah air,” katanya, dalam acara silaturahmi dan sarasehan internasional Forum Pesantren Alumni Gontor di Pondok Pesantren Daar el Qolam di Tanggerang, Minggu (21/1/2018).

Menurutnya, program-program strategis Kemenkop dan UKM juga dapat disinergikan dengan pesantren, seperti penguatan kelembagaan melalui Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Kemudian, peningkatan kualitas SDM KUMKM melalui pendidikan dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship), promosi dan pemasaran produk pesantren melalui Lembaga Layanan Pemasaran KUMKM (Smesco UKM).

Selain itu, sinergi peningkatan akses pembiayaan melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR), program pembiayaan Kredit Ultra Mikro (Umi), bantuan Wirausaha Pemula, serta bantuan pembiayaan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesantren kukm
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top