Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Wakil Pariwisata Indonesia Masuk Nominasi UNWTO Award 2018

Dua wakil pariwisata Indonesia yakni The Sumba Hospitality Foundation dan Triponyu.com terpilih dalam United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Award 2018 kategori Non-Government Innovation.
Pengunjung menikmati keindahan air terjun Agal, Desa Marente, Alas, Sumbawa Besar, Sumbawa, NTB, Sabtu (28/1)./Antara-Eka Fitriani
Pengunjung menikmati keindahan air terjun Agal, Desa Marente, Alas, Sumbawa Besar, Sumbawa, NTB, Sabtu (28/1)./Antara-Eka Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA – Dua wakil pariwisata Indonesia yakni The Sumba Hospitality Foundation dan Triponyu.com terpilih dalam United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Award 2018 kategori Non-Government Innovation.

“Ada 2 wakil Indonesia yang bersaing di kategori yang sama, dengan nominator lain di dunia. Semoga kita juaranya,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengutip keterangan resminya, Rabu (17/1/2018).

Ajang bergengsi ini diikuti 128 inisiatif dari 55 negara termasuk Indonesia. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan malam ini (17/1) waktu Madrid dalam ajang 14th UNWTO Awards Ceremony di North Auditorium , IFEMA - FITUR, Madrid, Spanyol.

The Sumba Hospitality Foundation berada di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur dan lebih bersifat aksi sosial. Fokus organisasi ini adalah pendidikan, khususnya pengembangan pariwisata. Mereka juga memiliki sekolah perhotelan.

Yayasan tersebut mencoba memutus kemiskinan melalui pariwisata. Bukan hanya itu, yayasan tersebut juga fokus mengembangkan green hotel. Konsep tradisional pun dikembangkan hotel tersebut. Bukan saja sebagi bisnis, tetapi hotel ini juga menjadi bagian pembelajaran siswa.

Di hotel ini para siswa belajar metode housekeeping dan room service yang benar. Mengedepankan tradisi, Sumba juga mengembangkan restoran.

“Mengedepankan go green, Sumba selalu memberdayakan peran masyarakat lokal. Tekanan sosial dan lingkungan pun seimbang di sana. Kekuatan inilah yang mengantar Sumba menjadi nominator," ujarnya.

Sementara itu, Triponyu.com adalah platform bisnis pariwisata yang unik. Platform tersebut menghubungkan para traveler dengan pemandu wisata lokal. Uniknya, mereka tidak sebatas sebagai pemandu perjalanan tetapi juga menjadi teman seperjalanan.

Konsep yang ditawarkan adalah para pemandu wisata lokal dilatih untuk menawarkan ide-ide kreatif dalam paket-paket wisata. Pemandi yang terlibat dalam progtam ini juga merupakan masyarakat di sekitar area destinasi pariwisata. Dengan platform tersebut kini masyarakat dapat merasakan langsung manisnya pariwisata.

“Triponyu sangat responsif menangkap peluang. Menciptakan aplikasi transaksi khusus pariwisata itu luar biasa. Teknologi memang harus dimanfaatkan untuk kepentingan sosial. Triponyu melakukan itu bersama para local guides-nya. Ini sinergi yang menginspirasi,” jelasnya.

Memberdayakan masyarakat Solo bahkan Jawa Tengah, konsep Triponyu berpengaruh besar. Lapangan pekerjaan pun tercipta sehingga kesejahteraan masyarakat terkatrol.

Hal ini dibuktikan dengan share transaksi melalui Triponyu sebesar 93% yanh dinikmati oleh pemandu wisata lokal.

“Triponyu dan Sumba memang inspirasi bagi dunia. Upaya mereka memberi dampak positif yang besar bagi masyarakat juga lingkungan. Kami berharap, Triponyu atau Sumba yang menjadi pemenang untuk kategori Non-Government Innovation. Inovasi mereka lebih riil dari yang lain,” tegasnya.

Lalu, siapa lawan Triponyu dan Sumba? Indonesia harus bersaing dengan nominator Italia dan Meksiko. Italia mengirimkan Festival of Responsible Tourism. Sebaliknya, Meksiko mengirim komunitas Grupo Ecologico Sierra Gorda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper