Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PNS Didorong Manfaatkan Tapera

Pegawai Negeri Sipil didorong untuk memanfaatkan fasilitas Tabungan Perumahan Rakyat. Layanan Tapera bertujuan meningkatkan kesejahteraan PNS melalui layanan pembiayaan perumahan.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 06 Desember 2017  |  01:39 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pegawai Negeri Sipil didorong untuk memanfaatkan fasilitas Tabungan Perumahan Rakyat. Layanan Tapera bertujuan meningkatkan kesejahteraan PNS melalui layanan pembiayaan perumahan.

Direktur Utama Bapertarum PNS Heroe Soelistiawan mengatakan, PNS harus memanfaatkan momen 5 tahun pertama sejak Tapera dibentuk.

“Lima tahun pertama, PNS dan BUMN yang akan menjadi anggota Bapertarum. Jadi segerakan dimanfaatkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (6/12/2017).

Sekadar catatan, Bapertarum yang selama ini mengelola dana tabungan perumahan milik PNS akan bertranformasi menjadi Tapera menyusul diberlakukannya UU No. 4/2016 tentang Tapera.

Setelah terbentuk, lembaga ini siap meluncurkan program baru yakni Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Dengan adanya UU Tapera, dalam waktu 2 tahun sejak diundangkan, tepatnya tanggal 23 Maret 2018, Bapertarum akan dilebur.

Namun, layanan yang diberikan Tapera tidak akan jauh berbeda dengan Bapertarum, yakni bertujuan meningkatkan kesejateraan PNS. Tapera bahkan lebih luas lagi, juga untuk masyarakat.

Heroe Soelistiawan menuturkan jika nanti Tapera telah beroperasi, PNS tidak hanya mendapatkan pinjaman untuk membayar uang muka melainkan juga mendapatkan pembiayaan rumah. Setelah 5 tahun, masyarakat juga akan menjadi anggota dari Tapera.

"Dibandingkan Bapertarum, fasilitas di Tapera lebih komprehensif," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pns tapera
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top