Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung UKM, Yayasan Rukmi Luncurkan Buku berjudul Kain Ulos dan Kain Songket

Yayasan Rupa UKM Indonesia (Rukmi) meluncurkan buku seri Pesona Kain Indonesia guna mempromosikan usaha kecil masyarakat di 10 destinasi Bali Baru yang ditetapkan pemerintah.
Tenun ulos./.Antara
Tenun ulos./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Rupa UKM Indonesia (Rukmi) meluncurkan buku seri Pesona Kain Indonesia guna mempromosikan usaha kecil masyarakat di 10 destinasi Bali Baru yang ditetapkan pemerintah.

Dua seri buku yang diluncurkan kali ini, yaitu Kain Ulos dan Kain Songket. Kedua buku tersebut mendukung wisata yang menjadi proyek utama pemerintah untuk destinasi baru, seperti Danau Toba atau Labuan Bajo.

Kain Ulos diketahui menjadi kain khas milik masyarakat Batak di Sumatera Utara. Sementara Labuan Bajo juga memiliki kain khasnya, yakni Songket. Kedua buku ini dicetak oleh Kompas Gramedia.

Pembina Yayasan Rukmi, Samuel Wattimena mengatakan dua buku ini dilahirkan dengan lebih berbeda, tidak hanya melahirkan latar belakang tentang kain, namun juga menampilkan persoalan di daerah tersebut.

"Euforia baik tapi produksi terlambat, produksi jalan di tempat. Tapi euforia soal kain sangat berkembang. Makanya kami terpanggil berbuat sesuatu dari sini untuk ke depan," kata Samuel di Jakarta, Rabu (6/12).

Yayasan Rukmi ini dibina oleh dua staf khusus Kementrian KUKM. Selain Samuel, Hermawan Kartajaya juga ditunjuk sebagai pembina yayasan tersebut.

Seri buku Pesona Lain Indonesia ini disesuaikan dengan 10 destinasi Kementerian Pariwisata, yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Bromo Tengger Semeru, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung dan Candi Borobudur.

Selain itu Mandalika, Tanjung Kelayang, Wakatobi, serta Moratai juga ikut dalam rencana penulisan kain khas di daerah masing-masing. Sisa delapan buku yang belum diluncurkan akan dirilis pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper