Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Tak Ada Upaya, Produksi Gas Mahakam Tinggal 193 MMscfd di 2023

Pertamina Hulu Indonesia, anak usaha PT Pertamina (Persero) memperkirakan produksi gas Blok Mahakam hanya 193 juta kaki kubik per hari atau million standard cubic feet per day/MMscfd apabila tanpa melakukan upaya penambahan produksi.
Pertamina Hulu Mahakam, di RIG Maera, South Tunu, Blok Mahakam, Kalimantan Timur./JIBI
Pertamina Hulu Mahakam, di RIG Maera, South Tunu, Blok Mahakam, Kalimantan Timur./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Pertamina Hulu Indonesia, anak usaha PT Pertamina (Persero) memperkirakan produksi gas Blok Mahakam hanya 193 juta kaki kubik per hari atau million standard cubic feet per day/MMscfd apabila tanpa melakukan upaya penambahan produksi.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia Bambang Manumayoso mengatakan dengan cadangan yang ada, pengelolaan Blok Mahakam masih ekonomis sampai 20 tahun mendatang. Kendati demikian, dia mengakui produksi gas di level 1.000 MMscfd akan sulit dijaga.

Menurutnya, mengacu data milik Total E&P Indonesie sebagai operator eksisting, total cadangan yang tersisa atau total remaining reserve untuk minyak sebesar 57 juta barel minyak (million barrel oil/MMbo) dan gas sebesar 4,9 triliun standard kaki kubik (trillion standard cubic feet/tscf).

Mengacu pada data ini pihaknya telah membuat perkiraan produksi hingga 2023. Untuk gas, dia menyebut produksi 2018 yang telah ditetapkan sebesar 1.100 juta kaki kubik per hari. Produksi gas diperkirakan naik menjadi 1.207 MMscfd dari kondisi seharusnya sekitar 782 MMscfd pada 2019.

Produksi pun diproyeksikan naik di 2020 menjadi 1.268 MMscfd dari kondisi seharusnya 551 MMscfd. Angka produksi di kisaran 1.200 MMscfd akan tetap bertahan hingga 2022 saat kondisi sesungguhnya, tanpa upaya penambahan pengeboran sumur yakni 274 MMscfd.

Kemudian, pada 2023, produksi gas Mahakam diperkirakan masih berada di kisaran 1.122 MMscfd ketika kondisi sesungguhnya produksi hanya 193 MMscfd tanpa upaya penambahan produksi.

"Kalau enggak melakukan apa-apa, memang segitu," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Namun, dari materi Rapat Kerja dengan Komisi VII di Januari 2016 yang menggunakan data 1 Januari 2015, status cadangan terbukti untuk minyak sebesar 91.37 MMstb dan gas sebesar 2,4 tcf. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher belum memberikan respons untuk status data cadangan Blok Mahakam yang terbaru.

Data cadangan menjadi penting terutama karena masih adanya peluang kontraktor eksisting atau investor lain yang berminat mengelola Blok Mahakam bersama Pertamina.

Cadangan akan menentukan harga porsi saham partisipasi (participating interest/PI) Blok Mahakam bagi perusahaan yang berminat. Seperti diketahui, Total telah menyampaikan tawaran harga PI Blok Mahakam untuk pengelolaan setelah kontrak berakhir di Desember 2017.

Secara umum, Wisnu menyebut cadangan tak akan bertambah bila tak ada penambahan rencana pengembangan lapangan (plan of development/PoD) baru yang diusulkan Pertamina. Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar pada kontrak barunya, Pertamina bisa melakukan kegiatan eksplorasi untuk menambah cadangan.

"SKK Migas mendorong untuk ada proyek-proyek pengembangan baru serta eksplorasi di Mahakam, sehingga menambah recoverable reserve," kata Wisnu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper