Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Total E&P Rela Didenda

Total E&P Indonesie memilih untuk membayar penalti karena tidak melakukan pengeboran sumur eksplorasi migas di Blok Telen yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Total E&P Indonesie memilih untuk membayar penalti karena tidak melakukan pengeboran sumur eksplorasi migas di Blok Telen yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Kontrak blok migas tersebut ditandatangani pada 2012.

Vice President Authorization Coordination, Communication, and External Affairs Total E&P Indonesie Agus Suprijanto mengatakan bahwa hingga tahun depan belum ada rencana kegiatan pengeboran eksplorasi di Blok Telen. Dengan kondisi harga minyak saat ini, dia menyebut bahwa perusahaan masih menimbang untuk melakukan kegiatan eksplorasi.

Daripada melakukan pengeboran yang ditaksir akan mengeluarkan biaya sebesar US$100 juta per sumur, katanya, Total lebih memilih untuk menunda kegiatan meskipun harus menanggung risiko dengan membayar penalti.

Pada 2012, terdapat tiga blok penawaran langsung yang diteken kontrak kerja samanya, yakni Blok Telen, Blok Mentawai, dan Blok East Sokang. Blok Telen dan Blok Mentawai adalah wilayah kerja eksplorasi yang dikelola oleh Total.

Dari ketiga blok itu, pemerintah memperoleh komitmen pasti untuk 3 tahun masa eksplorasi senilai total US$80,3 juta. Komitmen pasti dari studi geologi dan geofisika senilai US$5,6 juta, seismik tiga dimensi sepanjang 1.200 km2 senilai US$15 juta, dan pengeboran dua sumur eksplorasi senilai US$59,8 juta.

"Kami sih sampai saat ini belum memutuskan untuk mengebor. Penalti menjadi opsi," ujarnya di sela acara Temu Wartawan dan Pelatihan di Balikpapan, Rabu (1/11).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper