Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Lotus Tutup, Sri Mulyani: Pergeseran ke Industri Perdagangan Digital Semakin Besar

Sri Mulyani meyakini tutupnya toko ritel tersebut bukan disebabkan lemahnya daya beli, melainkan adanya pergeseran dari fisik ke online. Hal ini terindikasi dari penerimaan perpajakan khususnya PPN ritel yang meningkat.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 24 Oktober 2017  |  11:59 WIB
Lotus Tutup, Sri Mulyani: Pergeseran ke Industri Perdagangan Digital Semakin Besar
Pengunjung berada di Lotus Department Store di Jakarta, Senin (23/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA-- Maraknya penutupan toko ritel menjadi pertanda bahwa pergeseran ke industri perdagangan digital semakin besar. Hal itu dikemukakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengomentari tutupnya toko ritel Lotus.

Menurutnya, tutupnya toko ritel tersebut bukan disebabkan lemahnya daya beli, melainkan adanya pergeseran dari fisik ke online. Hal ini terindikasi dari penerimaan perpajakan khususnya PPN ritel yang meningkat.

"Kalau kami lihat dari sisi penerimaan perpajakan sampai September lalu, untuk ritel, PPN kita meningkat. Jadi mungkin ada perubahan dalam hal ini," kata Ani di Dhanapala, Selasa (24/10).

Lebih lanjut, Sri Mulyani menegaskan pihaknya akan terus memonitor perubahan perekonomian karena adanya era digital. "Jadi dalam hal ini, adanya ritel yang berubah bentuknya ataukah ritel secara fisik tutup lalu pindah ke online, atau memang yang awalnya online, semuanya menjadi satu perhatian kita."

Selain ritel, Menkeu juga mengatakan akan memantau sektor lain apakah terkena imbas dari digitalisasi atau tidak.

"Kami akan juga melihat kepada sektor lain apakah mereka menghadapi tekanan atau perubahan karena adanya konsep digitalisasi ini. Kami akan terus memantau dan merespons dengan berbagai policy, baik dari sisi belanja negara, perpajakan dan penerimaan negara."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani
Editor : Fajar Sidik

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top