Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tantangan Bisnis Kurir E-Commerce

Perkembangan bisnis dagang elektronik alias e-commerce di Indonesia tumbuh pesat setiap tahun. Selama 10 tahun terakhir bisnis e-commerce dalam negeri tumbuh sekitar 17%.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Perkembangan bisnis dagang elektronik alias e-commerce di Indonesia tumbuh pesat setiap tahun. Selama 10 tahun terakhir bisnis e-commerce dalam negeri tumbuh sekitar 17%.

Namun Indonesia menghadapi dua masalah mendasar dalam perkembangan e-commerce, yaitu sistem pembayaran dan pengiriman barang.

Pendiri perusahaan jasa kurir J&T Jet Lee mengatakan, dari sisi pengiriman barang, perusahaan pengiriman menghadapi tantangan geografis yaitu Indonesia yang berupa kepulauan.

"Pengiriman barang menjadi sulit, tetapi ini sekaligus peluang," katanya di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Menurutnya, Indonesia berpotensi menjadi pemain besar di bisnis e-commerce asalkan ditunjang oleh jasa pengiriman yang mumpuni.

Sebagai perbandingan, di China ada 100 juta paket yang dikirim dalam sehari. Sedangkan di Indonesia rata-rata hanya 700 ribu sehari.

Meskipun demikian, pada 2020 mendatang valuasi bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi naik 10 kali lipat menjadi US$130 miliar. Oleh karena itu, J&T gencar menambah jaringan guna menghadapi ledakan bisnis tersebut.

Saat ini J&T sudah memiliki 2000 titik pengantaran di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut bertambah 700 hanya dalam waktu 3 bulan. Dalam waktu dekat titik pengambilan juga akan ditingkatkan menjadi 2000.

Dalam sehari jumlah paket yang dikirim J&T mencapai 250.000. Jumlah karyawannya sekitar 16.000 dan memiliki armada mobil sebanyak 1000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper