Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo II Klaim Dwelling Time Sudah Kurang dari 3 Hari

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G. Masassya mengatakan waktu tunggu petikemas di pelabuhan atau dwelling time sudah kurang dari 3 hari.
Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya/Antara-Wahyu Putro
Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G. Masassya mengatakan waktu tunggu petikemas di pelabuhan atau dwelling time sudah kurang dari 3 hari.

Pasalnya, kapal-kapal yang tiba di pelabuhan tak lagi menggunakan dokumen fisik dalam proses pengeluaran barang.

"Pelabuhan Tanjung Priok sudah beroperasi inaportnet sejak akhir tahun lalu sehingga pengurusan barang semuanya online. Kita jadi bisa memangkas dwelling time," ujar Elvyn dalam acara Power Talk: Indonesia as the World's Maritime Axis di Jakarta di Kampus IPMI sebagaimana dikutip dari siaran pers yang dilansir Rabu (11/10/2017).

Selain itu, sistem pembayaran juga tidak menggunakan uang tunai. Para pengguna jasa pelabuhan bisa memanfaatkan layanan e-billing yang dapat di cetak di kantor masing-masing.

"Sudah ada sistem pembayaran yang terintegrasi dengan 18 kementerian/lembaga serta Indonesia Nasional Single Window (INSW)," tuturnya.

Lebih lanjut Elvyn mengatakan bahwa perseroan membutuhkan lebih banyak sumber daya manusia yang profesional dalam mengelola pelabuhan sehingga dwelling time dapat dipangkas lebih signifikan. Apalagi, pemerintah menargetkan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menjadi pelabuhan transhipment terbesar di kawasan Asia.

Sementara Kepala Program Studi S-2 Rima Agristina mengatakan IPMI International Business School sedang menyiapkan program pascasarjana yang fokus dalam bidang manajemen logistik dan supply chain management (manajemen rantai pasok).

Program ini merupakan kerja sama dengan lembaga pendidikan asal Belanda, STC-Group Holding B.V, serta perusahaan logistik PT Etsi Hutama Maritime.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper