Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vida Bekasi Rilis Apartemen Bangunan Rendah Subsidi, Ini Desainnya

Gunas Land melalui anak usahanya PT Bina Nusantara Raya resmi merilis apartemen bangunan rendah subsidi pertama di kawasan terpadu Vida Bekasi, Jawa Barat.

Bisnis.com, JAKARTA - Gunas Land melalui anak usahanya PT Bina Nusantara Raya resmi merilis apartemen bangunan rendah subsidi pertama di kawasan terpadu Vida Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Vida Bekasi Edward Kusma mengatakan apartemen bersubsidi, Teras Alun-alun, yang dibangun Vida Bekasi diharapkan bisa berkontribusi terhadap pengentasan permasalahan kekurangan pasokan hunian di area perkotaan, sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah sejak 2015.

Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2015, Indonesia masih mengalami backlog perumahan sebanyak 11,4 juta. Sementara pertumbuhan jumlah populasi kawasan Bekasi mencapai 100.000 per tahunnya.

"Kontribusi Vida Bekasi terhadap Program Sejuta Rumah memang masih belum banyak. Namun, kami optimistis ke depannya Vida Bekasi dapat mengembangkan hingga lebih dari 10,000 unit di kawasan Bekasi," kataya, Senin (2/10/2017).

Untuk rancangan Teras Alun-Alun, Vida Bekasi menggandeng SHAU, firma arsitek yang didirikan oleh duo arsitek asal Indonesia dan Jerman, Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann.

Dalam merancang Teras Alun-Alun, SHAU menuangkan prinsip arsitektur urban untuk hunian kolektif yang betul-betul memperhatikan faktor manusia yang hidup di dalamnya.

Arsitek Daliana Suryawinata, principal SHAU mengatakan Teras Alun-alun dirancang dengan memikirkan semua aspek yang terkait dengan kebutuhan hidup penghuni apartemen.

“Hunian terjangkau yang memiliki desain yang baik memang masih sangat sedikit di Indonesia. Padahal aspek – aspek desain seperti penghawaan dan pencahayaan alami yang optimal sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup penghuninya, dan desain yang menarik secara psikologis dapat membuat penghuni lebih bahagia dan ingin selalu pulang ke rumah.”

Sementara itu, pemateri dari Urban+ yang menangani master plan kawasan Bumipala, Ardzuna Sinaga, mengatakan bahwa kunci dari berhasilnya master plan dan desain arsitektur kawasan hunian justru ditentukan oleh komunitas penghuni.

“Arsitek dan perencana bisa merancang, pihak pengembang dapat membangun, tetapi pihak komunitas lah yang berperan sebagai aktor utama dalam menghidupkan kawasan yang sudah dirancang terintegrasi dengan berbagai fasilitas publik," katanya.

Unit Apartemen Teras Alun-Alun sudah mulai dijual akhir pekan lalu, (30/9) dengan uang muka mulai dari Rp3 jutaan dan cicilan mulai dari Rp2 jutaan.

Vidafest 2017

Sementara itu, Vida Bekasi kembali melangsungkan festival tahunan, Vidafest 2017, dari 30 September - 1 Oktober 2017 di kawasan Vida Bekasi.  Setelah tahun sebelumnya menghadirkan kolaborasi seni dan hiburan dari komunitas lokal Bekasi, tahun ini Vidafest menambahkan kolaborasi ide untuk hunian perkotaan, yang diwujudkan dalam pameran dan talkshow arsitektur tentang hunian kolektif yang lebih humanis.

Kolaborasi ide yang digagas bersama arsitek, perencana dan pengembang diwujudnyatakan dalam peluncuran ‘Teras Alun-alun’, sebuah kawasan hunian terbaru di Vida Bekasi. Teras Alun Alun adalah apartemen bersubsidi pertama yang dibangun di kawasan terpadu 130 hektare yang berlokasi di Narogong, Bekasi. Dengan menghadirkan apartemen bersubsidi, Vida Bekasi berharap dapat berkontribusi dalam upaya solutif untuk mengatasi masalah perkotaan, khususnya hunian yang berkualitas.

“Tahun ini istimewa karena dengan kolaborasi ide, kami bisa terhubung dan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang luar biasa, hingga Teras Alun-alun bisa diwujudkan. Dengan pameran dan talkshow, kami ingin masyarakat juga mengetahui filosofi dibalik arsitektur hunian yang kami bangun dan akan mereka tempati, dari segi pembiayaan, juga informasi tentang rencana pemerintah untuk program rumah rakyat,” ujar Edward.

Vidafest 2017 juga diramaikan oleh Live Graffiti oleh Artheraphy Movement, Urban Guerrilla Workshop, Workshop untuk anak-anak bersama Kedubes Bekasi, Kompetisi Game of S.K.A.T.E, Mini GP Wali Kota Cup, 10K Eco Fun Run Wali Kota Cup, Bazaar, dan hiburan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper