Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Air Minum Semarang Barat Segera Dilelang

Pemerintah tengah mempersiapkan lelang badan usaha untuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Semarang Barat senilai Rp1,10 triliun.

JAKARTA — Pemerintah tengah mempersiapkan lelang badan usaha untuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Semarang Barat senilai Rp1,10 triliun.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sri Hartoyo mengatakan, pemenang lelang sistem penyediaan air minum (SPAM) Semarang Barat ditargetkan sudah diketahui akhir tahun ini.

“Sekarang masih dalam persiapan menuju untuk pengadaan badan usaha. Targetnya akhir tahun ini sudah ada pemenang tender SPAM Semarang Barat,” ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

SPAM Semarang Barat memiliki kapasitas kurang lebih 750 liter per detik untuk menyediakan air minum di 31 kelurahan di 3 kecamatan dengan estimasi 60.000 keluarga yang belum tersambung dengan jaringan SPAM di wilayah Semarang Barat, Tugu, dan Ngaliyan.

Proyek ini akan dilaksanakan dengan skema bangun, guna, dan serah (build, operate & transfer) dengan masa kerja sama selama 25 tahun setelah proyek beroperasi secara komersial.

Pembangunan SPAM Semarang Barat membutuhkan biaya senilai Rp1,10 triliun yang akan terbagi menjadi tiga porsi pendanaan, yakni APBN, APBD, serta PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

"Saya berharap supaya lelang SPAM Semarang Barat ini bisa tahun ini sehingga konstruksi juga bisa dilakukan tahun ini atau paling lambat awal tahun depan," kata Sri.

Proyek SPAM di wilayah Semarang ini termasuk daftar Proyek Strategis Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 3/2016.

SPAM Semarang Barat juga termasuk dalam buku proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha atau PPP Book 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper