Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina EP Subang Field Sasar Sektor Pendidikan dan Ekonomi

PT Pertamina EP Subang Subang Field menyasar sektor pendidikan dan ekonomi sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) di sekitar lapangan Subang.
Hari pertama sekolah/Antara
Hari pertama sekolah/Antara

Bisnis.com, KARAWANG - PT Pertamina EP Subang Subang Field menyasar sektor pendidikan dan ekonomi sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) di sekitar lapangan Subang.

Sejak 2013, Pertamina EP mulai memberi bantuan alat mesin jahit untuk kursus pelatihan menjahit. Adapun mulai 2014, Pertamina EP mulai mengembangkan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Assolahiyah di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Direktur PKBM Assolahiyah Heru Saleh mengatakan PKBM tersebut dibentuk pada 2008 sebagai salah satu cara untuk menempuh pendidikan secara informal bagi masyarakat sekitar. Layanan yang sudah ada adalah pendidikan keaksaraan, kesetaraan anak putus sekolah (kejar paket A, B, dan C), serta pendidikan anak usia dini (PAUD).

Selain itu, tersedia juga program peningkatan keterampilan, yakni kursus menjahit dan otomotif.

"Semuanya dilatarbelakangi angka tuna aksara yang tinggi dan banyaknya rumah tangga miskin. Banyak juga anak putus sekolah. Kita mulai kerja sama dengan Pertamina EP 2013 dan terus berkembang," ujarnya, Rabu (23/8/2017).

Mulai 2015, pengembangan yang dilakukan oleh Pertamina EP dan PKBM Assolahiyah tidak hanya berupa pendidikan, tetapi juga pengembangan di bidang ekonomi dengan dibentuknya kegiatan kelompok usaha dan pemberdayaan ekonomi keluarga (KUPEK) dan koperasi.

Melalui program ini, lembaga menampung UMK-UMK disekitar lembaga untuk dibantu dari segi pembuatan legalitas seperti sertifikasi halal. Hal ini dibutuhkan oleh para pelaku UMK agar kualitas usahanya meningkat dan produknya mampu bersaing dengan produk usaha yang lebih besar.

Melalui KUPEK para pelaku UMK mampu memperluas pemasarannya hingga kabupaten. Bahkan, ada yang sampai ke luar kota.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper