Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penanganan Kargo Bandara Hang Nadim Berjalan Normal

Kementerian Perhubungan memastikan penanganan kargo udara di Bandara Hang Nadim Batam berjalan normal, pasca terjadinya kebakaran gedung kantor administrasi kargo bandara.
Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau/Antara-M. N. Kanwa
Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau/Antara-M. N. Kanwa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan penanganan kargo udara di Bandara Hang Nadim Batam berjalan normal, pasca terjadinya kebakaran gedung kantor administrasi kargo bandara pada Selasa (1/8/2017).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan kebakaran di area kargo bandara perlu mendapatkan perhatian serius agar tidak terulang lagi karena berpotensi memberi dampak terhadap keamanan penerbangan.

“Kebakaran ini terjadi di kantor administrasi, dan bukan di gudang kargonya, sehingga tidak mengganggu secara langsung terhadap operasional kargo di bandara," katanya di Jakarta pada Rabu (2/8/2017).

Untuk tahap awal mitigasi, Agus meminta pihak pengelola bandara dan otoritas bandara untuk melakukan koordinasi agar penanganan administrasi dan operasional kargo di bandara tidak terganggu, dan tetap berjalan normal.

Menurutnya, penanganan administrasi kargo di bandara harus tetap berjalan karena dapat memengaruhi ekonomi setempat. Oleh karena itu, gangguan yang ditimbulkan harus segera diselesaikan dengan tetap mengedepankan ketelitian dan kecermatan.

Kebakaran terjadi pada pukul 14.35 WIB di salah satu ruangan perkantoran freight terminal operation (FTO). Lokasi kebakaran tersebut berjarak sekitar 25 meter dari gudang kargo Bandara Hang Nadim.

Dari 20 ruang kantor yang ada, empat ruangan terbakar. Pada pukul 15.15 WIB, lokasi dinyatakan telah aman dari api setelah mendatangkan dua unit mobil PKP-PK bandara, dan dua mobil PBK-BP Batam.

Sejalan dengan itu, Kemenhub juga telah mengirimkan tim untuk melakukan investigasi terhadap kebakaran tersebut. Tim itu akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polri, pemadam kebakaran, serta otoritas bandara dan pengelola bandara.

Agus menjelaskan tim tersebut akan mencari akar masalah kejadian tersebut, sekaligus memberi masukan untuk perbaikan. Dia berharap kejadian kebakaran di area bandara tidak terulang.

“Saya sudah mengutus Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub [Nasir Usman] untuk mengecek langsung keadaan di lapangan, pasca terjadinya kebakaran di gedung administrasi kargo,” tutur Agus.

Sekadar informasi, pengelola bandara juga telah langsung melakukan pembenahan, setelah kebakaran berhasil dipadamkan, khususnya menyangkut jalur kabel instalasi listrik agar ruangan yang tidak terkena musibah dapat berfungsi kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper