Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disertasi Hariyadi Sukamdani : Kebijakan Tenaga Kerja Turunkan Daya Saing

Kebijakan publik terbukti berpengaruh besar dan signifikan bagi korporasi, khususnya kebijakan upah minimum. Pemerintah perlu lebih fokus dalam menerapkan kebijakan guna mendukung industri padat karya.
Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 07 Juli 2017  |  15:38 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi BS. Sukamdani sidang doktoral di Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Jumat (7/7/2017). - Bisnis.com / Edi Suwiknyo
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi BS. Sukamdani sidang doktoral di Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Jumat (7/7/2017). - Bisnis.com / Edi Suwiknyo

Bisnis.com, DEPOK -- Kebijakan publik terbukti berpengaruh besar dan signifikan bagi korporasi, khususnya kebijakan upah minimum. Pemerintah perlu lebih fokus dalam menerapkan kebijakan guna mendukung industri padat karya.

"Dari data yang dihimpun, terdapat penurunan daya saing dan jumlah pekerja pada industri padat karya akibat kebijakan ketenagakerjaan pemerintah yang tidak fokus," tutur Ketua Asosiasi Pengusahan Indonesia Hariyadi Sukamdani saat mempertahankan disertasi untuk meraih gelar doktor Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Universitas Indonesia, di Depok, Jumat (7/7/2017).

Hariyadi menyusun disertasi berjudul ‘Pengaruh Perubahan Kebijakan Publik Terhadap Kinerja Perusahaan, Studi Empiris Kebijakan Upah Minimum pada Industri Padat Karya.’

Penelitian dilakukan terhadap 206 perusahaan industri padat karya dengan jumlah karyawan minimal 100 orang. Pengolahan data menggunakan structural equation modelling.

Kontribusi teoritikal penelitian ini menggabungkan teori psikologi dengan teori strategic management dan melakukan investigasi penerapan multi behavior pada level perusahaan.

Menurut Hariyadi, teori psikologi yang cenderung membahas individu, dalam penelitiannya dapat ditransformasikan pada tingkat organisasi perushaan dan perilaku tunggal dalam teori psikologi dapat dikembangkan perilaku jamak.

Hadir dalam sidang terbuka ini Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional Sutrisno Bachir, anggota KEIN Sudhamek, dan sejumlah kolega pengusaha.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sukamdani
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top