Arus Balik Lebaran 2017: 136 Orang Dapat Tumpangan Gratis dari Semarang ke Jakarta

Sebanyak 136 orang penumpang dan 51 sepeda motor peserta mudik gratis akan menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan menggunakan KM. Mutiara Sentosa III dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Ringkang Gumiwang | 29 Juni 2017 19:45 WIB
Petugas memasukkan sepeda motor milik peserta mudik gratis ke dalam kapal KM Dobonsolo tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (17/6). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 136 orang penumpang dan 51 sepeda motor peserta mudik gratis akan menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan menggunakan KM. Mutiara Sentosa III dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang Gajah Roseno mengatakan, peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut merupakan pertama kalinya untuk arus balik Lebaran 2017.

“Jumlah sepeda motor dan penumpang belum terlalu banyak mungkin karena masih banyaknya masyarakat yang masih berlibur,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (29/6/2017).

Gajah menambahkan kapal mudik gratis akan menggunakan KM. Dobonsolo milik PT Pelni yang akan diberangkatkan pada 30 Juni 2017, dan dilanjutkan pada 2, 4, dan 6 Juli 2017 pada pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A. Tonny Budiono menuturkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut bertujuan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan.

“Selain itu, mudik gratis ini juga untuk mengurangi potensi kecelakaan pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor di jalur Pantura,” tuturnya.

Tony menambahkan pendaftaran mudik gratis sepeda motor ini masih dapat dilakukan melalui http:/mudikgratis.dephub.go.id atau dengan mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas hingga hari H keberangkatan.

Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan menyediakan mudik gratis bagi sepeda motor dengan kapal dilayani oleh dua kapal, yaitu KM Dobonsolo berkapasitas 10.000 unit sepeda motor, dan 20.000 penumpang

Kemudian, KM Mutiara Sentosa III, milik PT Atosim Lampung Pelayaran dengan kapasitas angkut sebanyak 1.000 unit sepeda motor dan 2.000 orang penumpang. 

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kapal, mudik lebaran

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top