Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuota Mudik Gratis Kapal Laut Masih Tersedia Banyak

Kuota atau jatah peserta, baik bagi penumpang maupun sepeda motor, untuk mengikuti Mudik Gratis Kapal Laut 2017 masih tersedia sangat banyak.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 13 Juni 2017  |  15:14 WIB
KM Bukit Siguntang - kapal/penumpang/pelni.blogspot.com
KM Bukit Siguntang - kapal/penumpang/pelni.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kuota atau jatah peserta, baik bagi penumpang maupun sepeda motor, untuk mengikuti Mudik Gratis Kapal Laut 2017 masih tersedia sangat banyak.

Data pemudik yang diperoleh Bisnis.com, dari Data Sistem Pustikom Kemenhub, per 12 Juni 2017 pukul 04.18 wib, jumlah tempat yang tersedia masih ada sekitar setengah atau 50% dari jatah yang disiapkan, baik untuk arus mudik maupun arus balik.

Jumlah pendaftar arus mudik, baru mencapai sekitar 2.504 motor atau setara 50.08% dari kuota arus mudik yang mencapai sebanyak 5.000 motor.

Sedangkan untuk jumlah penumpangnya, baru mencapai 5.259 orang atau setara 52.59% dari kuota arus mudik tahun ini yang mencapai sekitar 10.000 orang.

Sementara itu, untuk jumlah pendaftar arus balik sepeda motor, baru mencapai sebanyak 2.413 motor atau setara 48.26 % dari kuota arus balik sebanyak 5.000 motor.

Sedangkan untuk jumlah penumpangnya arua balik yang sudah mendaftar mencapai sebanyak 5.111 orang atau setara 51.11 % dari kuota arus balik 10.000 orang.

Seperti diketahui, tahun ini Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menggelar program Mudik Gratis bagi Pengguna Sepeda Motor, menggunakan moda kapal laut dengan rute tujuan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub A. Tonny Budiono mengatakan pelaksanaan mudik gratis ini rencananya akan dilakukan sebanyak 4 kali perjalanan (PP) dengan total kuota angkut 10.000 sepeda motor dan 20.000 penumpang.

Adapun untuk waktu keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 17, 19, 21 dan 23 Juni 2017. Sedangkan waktu kepulangan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah tanggal 30 Juni, 2, 4 dan 6 Juli 2017.

“Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis dengan kapal laut sudah bisa mendaftarkan secara online melalui alamat website mudikgratis.dephub.go.id sejak tanggal 30 Mei 2017 yang lalu sampai dengan 15 Juni 2017,” jelas Tonny.

Selain melalui pendaftaran online, pendaftaran mudik gratis dengan kapal, pendafaran juga dapat dilakukan secara Off Line pada 3 (tiga) lokasi pendaftaran yaitu Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, GOR Balai Rakyat, Jl. Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur dan GOR Ciputat Tangerang Selatan.

Menurutnya Mudik Gratis menggunakan kapal laut merupakan salah satu komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mengurangi tingkat kepadatan di jalan serta untuk menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menghimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat.

“Untuk itu, pada kesempatan ini saya himbau pada para pemudik, khususnya yang akan mudik dengan sepeda motor untuk dapat memanfaatkan Program Mudik Gratis ini sebaik-baiknya sehingga diharapkan kepadatan jalan dan potensi kecelakaan dapat berkurang,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi laut Mudik Lebaran
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top