Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran: Pelindo III Gelar Program Mudik Gratis Naik, Ini Rutenya

PT Pelindo III kembali menggelar kegiatan Mudik Gratis bagi penumpang kapal laut sebagai lanjutan dari program tahun-tahun sebelumnya.
KM Tidar bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak/Bisnis.com
KM Tidar bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kembali menggelar kegiatan Mudik Gratis bagi penumpang kapal laut sebagai lanjutan dari program tahun-tahun sebelumnya Yuk Pulang Kampung, Mudik Gratis Bareng Pelindo III.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan sedikitnya 7.000 penumpang kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak, Balikpapan, dan Makassar dengan tujuan akhir Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas akan diantar langsung oleh Pelindo III menuju beberapa kota tujuan di Pulau Jawa melalui program ini.

“Pelindo III akan menyediakan bus gratis di dua lokasi pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Bus gratis tersebut tersedia selama 7 hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau mulai 18 Juni hingga 24 Juni 2017,” ujarnya dalam siaran pers pada Selasa (30/5/2017).

Sementara itu, Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III Bambang Hasbullah menyebut ada enam rute dari Tanjung Perak Surabaya ke berbagai kota di Jawa Timur di antaranya Pasuruan - Probolinggo – Lumajang – Jember sebanyak 18 trip; Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun sebanyak 21 trip; Kediri – Tulungagung – Trenggalek sebanyak 22 trip; Lamongan – Bojonegoro – Cepu sembilan trip; Surabaya – Pare – Blitar lima trip,  dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak 4.200 penumpang.

Selanjutnya, untuk rute dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani enam rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah, antara lain Solo – Yogyakarta 14 trip; Demak – Kudus – Pati 11 trip; Temanggung – Parakan – Wonosobo delapan trip; Magelang – Yogyakarta – Purworejo 11 trip; Kendal – Pekalongan – Pemalang tujuh trip dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas sebanyak 2.900 penumpang, sehingga perkiraan total jumlah penumpang yang dibiayai oleh Pelindo III dalam mudik gratis tahun ini sekitar 7.100 penumpang.

Untuk menjadi peserta mudik gratis Pelindo III, pemudik dapat mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukan tiket kapal dan bukti identitas diri.

“Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, konsumsi snack, serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC dan reclining seat,” imbuh Bambang.

Program yang diprakarsai dan didanai sepenuhnya oleh Pelindo III tersebut dalam pelaksanaannya bersinergi dengan BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sebagai operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper