Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengangguran SMK Tertinggi, Perlu Koordinasi dengan Industri

Instansi pendidikan sekolah menengah kejuruan didorong agar lebih melakukan koordinasi dengan dunia industri di tengah tingginya kontribusi tamatan jenjang pendidikan itu terhadap tingkat pengangguran terbuka.
Siswa SMK merakit komputer jinjing./JIBI
Siswa SMK merakit komputer jinjing./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — Instansi pendidikan sekolah menengah kejuruan didorong agar lebih melakukan koordinasi dengan dunia industri di tengah tingginya kontribusi tamatan jenjang pendidikan itu terhadap tingkat pengangguran terbuka.

Ekonom INDEF Enny Sri Hartati menilai masih terus terjadi miss and match antara kualifikasi lulusan SMK dengan kebutuhan industri. Dengan demikian, menurutnya diperlukan koordinasi antara guru dan dunia industri. 

“Koordinasi itu terkait kebutuhan keterampilan apa saja yang diperlukan oleh dunia usaha dari tamatan SMK,” ujar Enny kepada Bisnis.com, Minggu (7/5/17).

Enny menambahkan pihaknya berharap para guru meningkatkan kemampuannya sesuai dengan perkembangan industri saat ini. Hal itu bertujuan untuk menciptakan lulusan yang memiliki produktifitas tinggi.

“Rendahnya produktifitas tenaga kerja di industri membuat banyak investasi sektor padat karya saat ini lebih banyak dilarikan ke negara seperti Vietnam,” jelas Enny.

Dia menambahkan kondisi tersebut dapat terus memicu gejolak di dunia industri. Pasalnya, rendahnya produktifitas akan berujung pada upah murah yang diberikan kepada buruh.

“Jika upah rendah, maka buruh akan bergejolak sehingga menghambat proses produksi dan akhirnya membuat investasi enggan masuk. Perputarannya seperti lingkaran setan,” imbuh dia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis akhir pekan kemarin menyebut tamatan sekolah menengah kejuruan (SMK) berkontribusi 9,27% dalam tingkat pengangguran terbuka (TPT) per Februari 2017.

Meski turun dari Agustus 2016, tingkat pendidikan itu masih berada di posisi tertinggi dibandingkan dengan jenjang lainnya.

Posisi kedua kontribusi TPT per Februari 2017 ditempati oleh tamatan sekolah menengah atas (SMA) dengan kontribusi 7,03%.

Tamatan diploma berada di urutan ke-3 dengan 6,35% atau naik dari Agustus 2016 sebesar 6,04%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper