Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akselerasi Pembangunan : Tirulah Korsel, China, dan Jepang

Tiga negara di kawasan Asia yakni China, Jepang, dan Korea Selatan dianggap berhasil melakukan akselerasi pembangunan dengan menjadikan budaya sebagai pijakannya.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 04 April 2017  |  14:12 WIB
Ilustrasi: Suasana pembangunan pengerjaan proyek mass rapid transit (MRT) tahap pertama sektor layang di Kawasan Blok M, Jakarta, Sabtu (1/4/2017). - Antara/Wahyu Putro A
Ilustrasi: Suasana pembangunan pengerjaan proyek mass rapid transit (MRT) tahap pertama sektor layang di Kawasan Blok M, Jakarta, Sabtu (1/4/2017). - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga negara di kawasan Asia yakni China, Jepang, dan Korea Selatan dianggap berhasil melakukan akselerasi pembangunan dengan menjadikan budaya sebagai pijakannya.

Indonesia juga dinilai memiliki modal budaya yang kuat untuk dijadikan pijakan sekaligus modal dasar percepatan pembangunan nasional.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjo Negoro mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan budaya yang demikian besar. Oleh sebab itu kebudayaan harus menjadi modal penting pada pembangunan nasional.

"Lihat misalnya Jepang, Korea Selatan, atau China yang mampu melakukan akselerasi pembangunan sosial ekonomi berbasis kebudayaan dengan melakukan kapitalisasi atas nilai-nilai kebudayaan melalu proses modernisasi," katanya dalam seminar Peran Kebudayaan Dalam Pembangunan di Bappenas, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Bambang mengatakan, ke depan pembangunan tidak lagi berkutat pada ekonomi atau infrastruktur, tetapi juga menyertakan kebudayaan di dalamnya. Sehingga dari situ diperoleh perspektif baru dalam pembangunan.

"Tentunya kebudayaan yang inklusif tanpa diskriminasi dan mengedepankan lokalitas," ujarnya.

Bambang mengatakan, untuk itu diperlukan pemimpin-pemimpin di daerah yang inovatif membangun daerahnya menggunakan prinsip kebudayaan. Dengan demikian pembangunan tidak menggerus potensi kebudayaan yang ada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top