Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Impack Pratama Gandeng Covestro Sediakan Solusi Pasca-Panen

Solar Dryer Dome adalah fasilitas pengering produk hortikultura yang dibangun menggunakan lembar polikarbonat yang dilapisi material penyaring sinar ultraviolet.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 31 Maret 2017  |  17:30 WIB
Pekerja menjemur buah pinang untuk diekspor. - antara
Pekerja menjemur buah pinang untuk diekspor. - antara

Bisnis.com, JAKARTA — PT Impack Pratama Industri Tbk berkolaborasi dengan Covestro memproduksi dan menyediakan Solar Dryer Dome sebagai solusi manajemen pasca-panen untuk petani Indonesia.

Solar Dryer Dome adalah fasilitas pengering produk hortikultura yang dibangun menggunakan lembar polikarbonat yang dilapisi material penyaring sinar ultraviolet.

PC Unit Head, PT Impack Pratama Industri Tbk, Sugiarto Romeli menjelaskan Impack Pratama bertindak sebagai pemasar sekaligus sebagai produsen material lembar polikarbonat yang digunakan dalam pembangunan Solar Dryer Dome.

Penyebarluasan penggunaan Solar Dryer Dome adalah salah satu program Covestro, produsen plastik asal Jerman yang dulu dikenal sebagai Bayer MaterialScience yang merupakan pemasok utama bahan baku buat Impack Pratama.

“Solar Dryer Dome pertama kami sudah dibangun di Kendal, Jawa Tengah. Penduduk desa menggunakannya untuk mengeringkan hasil tani sperti pisang, cabai, dan bawang merah,” kata Sugiarto.

Fasilitas di Kendal merupakan Solar Dryer Dome ketiga di Indonesia. Covestro sebelumnya telah membangun dua purwarupa yaitu fasilitas pengeringan rumput laut di Alor, Nusa Tenggara Timur dan fasilitas pengeringan cabai di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sugiarto mengatakan Impack Pratama dan Covestro berambisi mendistribusikan 50 unit Solar Dryer Dome sepanjang 2017 dengan harga unit paling kecil mencapai US$6.000 atau nyaris Rp80 juta.

Produk tersebut akan dipasarkan kepada kelompok petani kecil, perkebunan skala besar, hingga perusahaan produk pangan multinasional yang menjalin kemitraan dengan petani di Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plastik impack pratama industri alsintan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top