Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenperin Tawarkan Raja Salman Investasi Kilang Minyak

Kemenperin telah menawarkan Raja Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz al Saud berinvestasi pada kilang minyak Dumai dan Balongan serta pembangunan kilang minyak baru di Bontang, Kalimantan Timur.
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud/Antara
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menawarkan Raja Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz al Saud berinvestasi pada kilang minyak Dumai dan Balongan serta pembangunan kilang minyak baru di Bontang, Kalimantan Timur.

Achmad Sigit Dwiwahjono, Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) pada Kemenperin berharap tawaran kerjasama pembangunan 3 kilang minyak tersebut dapat disepakati oleh Pemerintah Arab Saudi. Dia optimistis jika kerjasama tersebut dilakukan dapat meningkatkan produksi industri hulu dan impor bahan baku bisa ditekan.

“Semoga tawaran kerjasama ini dapat disepakati. Jadi produksi industri hulu bisa ditingkatkan dan impor bahan baku bisa ditekan,” tuturnya di Jakarta, Senin (6/3).

Dia menjelaskan sebelumnya juga sudah ada kesepakatan penandatanganan investasi dalam bentuk Joint Venture antara PT Pertamina dan PT Saudi Aramco pada pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah. Menurutnya, kesepakatan tersebut telah menghasilkan investasi sebesar US$6 Miliar atau sekitar Rp80,2 triliun.

“Buah dari tanda tangan itu kita dapat investasi sebesar US$6 Miliar. Sedangkan investasi industri petrokimia olefin (cracker) dan polyolefin paling tidak targetnya US$3-US$4 Miliar,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja berjanji pihaknya akan menindaklanjuti komitmen kerja sama antara Indonesia-Arab Saudi untuk pengembangan kilang minyak.

“Untuk investasi Saudi Aramco di Kilang Cilacap sudah jelas dan prosesnya memang sudah lama,” tuturnya.

Wiradmaja juga mengungkapkan pembangunan kilang harus diwujudkan guna mengurangi impor BBM serta menciptakan nilai tambah di dalam negeri. Menurutnya, kebutuhan BBM nasional saat ini mencapai 1,6 juta barel per hari, sedangkan kapasitas secara nyata di dalam negeri hanya sanggup menampung minyak sebesar 800.000  barel per hari.

“Selanjutnya yang perlu ditindaklanjuti adalah pengembangan kilang yang belum dikerjasamakan atau digarap sendiri,” tukasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper