Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jembatan Cisomang Dapat Dilalui Golongan I Termasuk Bus

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menegaskan terhitung sejak 23 Februari 2017, kendaraan bus diperbolehkan melintas Jembatan Cisomang Km 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 24 Februari 2017  |  16:46 WIB
Jembatan Cisomang - setkab.go.id
Jembatan Cisomang - setkab.go.id

Bisnis.com, PURWAKARTA-- PT Jasa Marga (Persero) Tbk menegaskan bahwa terhitung sejak tanggal 23 Februari 2017, kendaraan bus diperbolehkan melintas Jembatan Cisomang Km 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi. Keputusan pembukaan akses bagi kendaraan bus setelah melalui pertimbangan serta koordinasi dan supervisi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) serta Tim Ahli Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Hal ini ditegaskan kembali oleh AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, untuk mengklarifikasi pertanyaan pengguna jalan terkait apakah truk sudah dapat melintas di Jembatan Cisomang.

“Jadi yang bisa melintas baru golongan 1 saja, termasuk bus. Khusus bus baru diberlakukan kemarin. Untuk truk golongan II sampai dengan golongan V masih menunggu perbaikan Jembatan Cisomang selesai seluruhnya,” ujarnya seperti dikutip siaran pers, Jumat (24/2/2017).

Heru menginformasikan bahwa proses perbaikan Jembatan Cisomang saat ini telah mencapai 45% dan optimis pekerjaan perbaikan selesai sesuai target, yaitu pada akhir Maret 2017.

Sejak akhir Desember 2016, Jasa Marga telah melakukan 3 (tiga) jenis perbaikan secara simultan untuk mengembalikan dan menambah perkuatan jembatan yang terdiri dari Pekerjaan Darurat, Pekerjaan Permanen dan Pekerjaan Tambahan , seperti berikut:

1. Pekerjaan Darurat, yang terdiri dari pemasangan  Fiber Reinforced Polymer  (FRP),  jacketing Pilar, pekerjaan  unloading (cutting  lereng),  grand anchour, strutting  baja, borpile dll.
2. Pekerjaan Permanen, yang terdiri dari pembuatan saluran pengelak pada aliran Sungai Cisomang, Shotcrete Lereng dll.
3. Pekerjaan Tambahan

Selain mengerjakan perbaikan Jembatan Cisomang, Jasa Marga juga senantiasa melakukan langkah-langkah pengendalian pelayanan operasional agar lalu lintas dapat terlayani dengan baik, salah satunya adalah dengan pembuatan Jalan Akses Darurat  (Detour)  di Km 99 dan Km 107.

Jasa Marga juga akan membantu perbaikan Jalan Nasional Ciganea yang rusak sejak pengalihan kendaraan berat sampai dibukanya kembali Jembatan Cisomang untuk seluruh jenis kendaraan. Adapun proses perbaikan Jembatan Cisomang diperkirakan selesai seluruhnya pada akhir Maret ini untuk dapat dilalui oleh seluruh golongan kendaran.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur Jembatan Cisomang
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top