Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Taman Rekreasi Diyakini Mampu Tumbuh Hingga 15%

Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) optimistis tingkat kunjungan wisatawan mampu mencatatkan kenaikan hingga 15% pada tahun ini.
Pengunjung di lokasi kandang gajah Taman Margasatwa Ragunan/Bisnis.com
Pengunjung di lokasi kandang gajah Taman Margasatwa Ragunan/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) optimistis tingkat kunjungan wisatawan mampu mencatatkan kenaikan hingga 15% pada tahun ini.

Sekretaris Eksekutif PUTRI Gunawan Wibisono mengatakan tingkat kunjungan pada tahun lalu sudah melebihi dari 10%. “Target kunjungan hanya 10%, tetapi hasilnya sudah lebih dari itu. Maka dari itu, kami optimistis tahun ini minimal bisa mencapai 10% hingga 15%,” ucapnya kepada Bisnis, Selasa (21/2/2017).

Dirinya mencatat sejumlah taman rekreasi misalnya di Jakarta menunjukkan kinerja cukup signifikan antara lain pengunjung di Taman Impian Jaya Ancol sudah melebihi 15 juta, Taman Mini sekitar 15 juta, dan Kebun Binatang Ragunan mencapai 4,5 juta pada tahun lalu.

Dengan adanya ambisi pemerintah untuk mendongkrak kontribusi pariwisata terhadap total pertumbuhan ekonomi, Gunawan menilai hal tersebut berdampak positif terhadap industri taman hiburan di Indonesia.

Sejumlah pemerintah daerah dan pengusaha terkait terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan daya tarik taman rekreasi di daerah. Bahkan, baru-baru ini, Kementerian Pariwisata telah meresmikan Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta, Jawa Barat.

“Saya kira, mereka [pengusaha] terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk menghadirkan taman rekreasi yang mampu memikat minat wisatawan. Taman Nusa di Bali misalnya, taman ini baru beroperasi sekitar tiga tahun tapi sambutannya cukup hangat,” tambahnya.

Saat ini, dirinya meenyebutkan pangsa pasar taman rekreasi tidak hanya terkonsentrasi di kawasan Jabodetabek, melainkan menyebar ke kabupaten/kota lainnya. Di Pulau Jawa misalnya Malang, Purwakarta, Boyolali, dan Bandung.

Bisnis taman rekreasi, tukasnya, memiliki peran signifikan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja karena industri ini tergolong padat karya. Tak hanya itu, industri ini juga memiliki dampak positif terhadap perekonomian wilayah sekitar.

“Kami akan terus meningkatkan koordinasi dengan Dewan Pimpinan Daerah [DPD] PUTRI yang berada di seluruh Indonesia. Bisnis ini sangat menjanjikan, tetapi memerlukan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan produk-produk baru dan menarik bagi pengunjung,” ucapnya.

PUTRI telah memiliki 26 DPD yang tersebar di 26 Provinsi. PUTRI didirikan pada tanggal 10 Nopember 1977 oleh sekelompok pimpinan obyek wisata di Jakarta antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini “Indonesia Indah”, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Ismail Marzuki, Museum Nasional, Museum ABRI Satria Mandala, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja Senayan, dan Taman Anggrek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper