Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pakistan Bakal Jadi Hub Kelapa Sawit Indonesia

Pakistan digadang-gadang akan menjadi hub pemasaran produk kelapa sawit Indonesia di negara-negara sekitarnya, serta kawasan Asia Tengah dan Timur Tengah.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 20 Februari 2017  |  23:44 WIB
Kelapa sawit - Bisnis.com
Kelapa sawit - Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - Pakistan digadang-gadang akan menjadi hub pemasaran produk kelapa sawit Indonesia di negara-negara sekitarnya, serta kawasan Asia Tengah dan Timur Tengah.

Hal itu merupakan salah satu hasil pembicaraan antara pelaku usaha kelapa sawit Indonesia dengan mitranya di Pakistan, yang dilakukan berbarengan dengan pertemuan antara Pemerintah Indonesia dan  Pemerintah Pakistan untuk mengkaji kembali Indonesia-Pakistan Preferential Trade Agreement (IP-PTA). Pertemuan itu digelar pada 16-17 Februari 2017 di Islamabad, Pakistan.

Tahun lalu, Indonesia menguasai hingga 82% pasar kelapa sawit Pakistan. Pembicaraan antara pelaku usaha kedua negara menghasilkan kesepakatan untuk memperkuat kerja sama dalam upaya meningkatkan kontribusi kelapa sawit bagi pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Kami mendukung upaya langsung di antara sesama pelaku bisnis ini, yang mencerminkan tumbuhnya co-ownership atas upaya kedua pemerintah meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi," ujar Duta Besar RI untuk Pakistan Iwan Amri dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (20/2/2017).

Selain produk kelapa sawit, produk unggulan Indonesia yang dikirim ke negara Asia Selatan itu antara lain kertas, produk kimia, dan produk olahan lainnya.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat pada 2015  Indonesia menikmati surplus perdagangan senilai US$1,8 miliar dari hasil transaksi perdagangan dengan Pakistan. Rinciannya, total ekspor Indonesia mencapai hampir US$2 miliar dan impor sekitar US$174,5 juta.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perusahaan kelapa sawit
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top