Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Manufaktur Dibayangi Ketidakpastian

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt Sekjen) Kementerian Perindustrian Haris Munandar menilai ekspor manufaktur pada 2017 masih akan dibayangi ketidakpastian dari kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt Sekjen) Kementerian Perindustrian Haris Munandar menilai ekspor manufaktur pada 2017 masih akan dibayangi ketidakpastian dari kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Kita berharap ekspor bisa meningkat, walau pun masih ada ketidakpastian dari 'Trump Effect'. Prediksi global juga masih akan berubah lagi karena 'Trump Effect' ini," katanya dalam diskusi Indonesia Economic Outlook 2017 di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Haris menuturkan, tidak hanya AS, banyak negara juga memberlakukan kebijakan proteksionisme. Namun, hal itu seharusnya membuka peluang lain yang bisa dimanfaatkan Indonesia.

Misalnya saja, lanjut dia, saat Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit).

"Selain dengan Uni Eropa, kita bisa memanfaatkan Inggris yang kala itu tengah mencari mitra baru," ujarnya.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja ekspor sepanjang tahun lalu mencapai US$144,43 miliar  atau turun 3,95%  dibanding  2015 lantaran lesunya perdagangan global.

Kinerja ekspor yang tertekan dikompensasi penurunan impor yang lebih dalam yang sepanjang 2016 m mencapai US$135,65 miliar  atau turun 4,94% dibanding tahun lalu.

Dengan demikian, neraca perdagangan mencatat surplus US$8,78 miliar, lebih baik dibandingkan dengan  2015 yang surplus US$7,67 miliar.

Ada pun ekspor non migas mencapai US$131,35 miliar  atau naik 0,34%  dibanding periode yang sama pada 2015.

Ada 10 jenis barang utama yang sampai saat ini memegang pengaruh penting dalam ekspor non migas Indonesia. Yakni, bahan bakar minyak, mesin dan peralatan listrik, perhiasaan, kendaraan, karet, mesin mekanik, pakaian jadi, abu logam, besi dan baja, serta benda olahan besi dan baja.

Ada pun negara tujuan ekspor non migas Indonesia masih didominasi ke China sebesar US$1,86 miliar.

Posisi kedua, Amerika Serikat sebesar 1,46 miliar dolar AS kemudian disusul Jepang sebesar US$1,24 miliar.

"Sedang kami kaji kira-kira tumbuh berapa persennya. Yang pasti target pertumbuhan industri 5,5%. Kami akan terud kaji industri mana saja yang kita dorong," kata Haris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper