Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Pulogebang: Kemenhub Ancam Cabut Izin Usaha PO Bandel

Kementerian Perhubungan mengancam akan mencabut izin usaha perusahaan otobus – terutama jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur - yang enggan masuk ke dalam terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.
Terminal Pulogebang/Antara
Terminal Pulogebang/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan mengancam akan mencabut izin usaha perusahaan otobus – terutama jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur - yang enggan masuk ke dalam terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengatakan, pihaknya akan mencabut izin usaha perusahaan otobus jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang masih tidak mau masuk ke dalam Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur pada 28 Januari 2017.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran terkait dengan hal itu, dan mengirimkannya kepada perusahaan-perusahaan otobus.

“Tidak ada lain, kalau nanti tanggal 28 [Januari 2017] itu kemudian masih ada yang nakal, bandel [berhenti] di terminal bayangan. Itu akan saya cabut izin operasinya,” kata Pudji, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Dia menjelaskan, langkah Kementerian Perhubungan mencabut izin usaha perusahaan otobus lantaran hingga saat ini masih terdapat angkutan umum bus antarkota antarprovinsi yang berhenti di terminal-terminal bayangan.

Pemerintah, dia menegaskan, telah melakukan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak disiplin sebelum memutuskan untuk mencabut izin usaha perusahaan otobus yang melanggar.

Pembinaan itu, ungkapnya dari peneguran hingga pencabutan kartu pengawas yang melekat pada sarana yang dimiliki perusahaan otobus. Meskipun begitu, dia mengungkapkan perusahaan-perusahaan otobus tersebut tidak jera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper