Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Perikanan Tangkap Turun

Produksi perikanan tangkap di Kabupaten Jembrana, Bali, turun hingga 50 persen pada 2016 setelah perairan Selat Bali mengalami paceklik ikan sekitar 8 bulan terakhir.
Perikanan tangkap./Bisnis
Perikanan tangkap./Bisnis

Bisnis.com, NEGARA - Produksi perikanan tangkap di Kabupaten Jembrana, Bali, turun hingga 50 persen pada 2016 setelah perairan Selat Bali mengalami paceklik ikan sekitar 8 bulan terakhir.

"Dibandingkan hasil tangkapan tahun 2015, pada tahun 2016 tangkapan ikan nelayan turun sekitar 50% lebih," kata Kepala Seksi Tata Kelola Dan Pelayanan Usaha, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan Bagus Sudananjaya, Rabu (18/1/2017).

Ia mengatakan, pada 2015 hasil tangkapan ikan nelayan mencapai 17.000 ton, sementara sepanjang 2016 hanya 7.000 ton dengan nilai jual Rp34,6 miliar.

Menurut dia, tangkapan ikan di Selat Bali didominasi ikan jenis lemuru, yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan sarden oleh pabrik-pabrik yang banyak terdapat di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara.

Menyinggung penyebab turunnya hasil tangkapan tersebut, ia mengaku, pihaknya tidak tahu pasti, hanya menduga disebabkan cuaca ekstrem yang terjadi sejak pertengahan 2016.

Ia mengatakan, antara bulan Maret hingga Juli 2016 hasil tangkapan ikan sempat naik, namun langsung turun drastis saat memasuki bulan Agustus hingga saat ini.

"Karena tidak mendapatkan ikan, banyak nelayan yang libur, atau kerja hanya beberapa hari dalam satu bulan. Biasanya nelayan sini bekerja sekitar 20 hari, yaitu saat gelap bulan, dan libur saat purnama," katanya.

Madek, anak buah perahu selerek, jenis perahu yang paling banyak digunakan nelayan di Desa Pengambengan dan sekitarnya mengatakan, mereka hanya bisa menunggu hingga ada ikan lagi di Selat Bali.

Menurut dia, saat gelap bulan, dari ratusan perahu selerek yang berlabuh di PPN Pengambengan dan muara Desa Perancak, biasanya ada dua atau tiga unit yang mencoba untuk melaut.

"Kalau mereka mendapatkan ikan, biasanya perahu-perahu yang lain menyusul untuk melaut. Tapi sekitar delapan bulan terakhir, saat melaut, perahu kami lebih banyak kosongnya daripada isi," kata Madek.

Perahu selerek yang berjalan berpasangan, mampu menampung 30 hingga 40 nelayan, yang bekerja sepanjang malam mencari ikan lemuru dan tongkol hingga ke perairan di Kabupaten Tabanan dan Badung.

Dalam kondisi paceklik ikan di Selat Bali, beberapa diantaranya nekat berangkat ke perairan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Tiimur saat mendengar di wilayah itu nelayan setempat mendapatkan ikan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper