Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKF Segera Tentukan Tarif Ekspor Minerba

Rencananya tim tarif yang dikomandoi oleh Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan segera menetapkan tarif bea keluar ekspor mineral dan batu bara yang baru saja direlaksasi oleh pemerintah.

Bisnis.com, JAKARTA- Rencananya tim tarif yang dikomandoi oleh Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan segera menetapkan tarif bea keluar ekspor mineral dan batu bara yang baru saja direlaksasi oleh pemerintah.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan pihaknya masih memantau perkembangan penentuan tarif tersebut yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dalam rapat rutin tim tarif pada Selasa (17/1/2017).

“Rencananya besok [hari ini] tarif bea masuk mineral dan batu bara akan ditetapkan. Sebagai eksekutor kami siap melaksanakan keputusan tim tarif,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR, Senin (17/1/2017).

Karena belum ditetapkan, pihaknya belum bisa memperkirakan berapa besar penerimaan negara yang bisa dicapai oleh jajarannya dari ekspor bahan tambang tersebut. Meski demikian, pihaknya meyakini capaian bea masuk akan terdongkrak signifikan lantaran harga minyak sawit mentah atau CPO juga tengah menanjak sejak Oktober tahun lalu.

“Kami berharap tahun ini harga CPO terus menanjak di atas US750 dolar per metrik ton sehingga bisa berdampak ke penerimaan negara,” ucapnya.

Tahun lalu, dari Rp3,5 triliun penerimaan negara yang masuk melalui pos bea keluar, Rp2,5 triliun berasal dari bea keluar ekspor mineral yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper