Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRODUK PERTANIAN: IPB Gelar Agrinex Expo XI

Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan event organizer Performax akan menyelenggarakan pameran tahunan produk-produk pertanian dalam negeri. Pameran bertajuk Agrinex Expo ini akan diselenggarakan untuk yang kesebelas kalinya.
Kopi salah satu andalan komoditas Indonesia./.Bisnis
Kopi salah satu andalan komoditas Indonesia./.Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan event organizer Performax akan menyelenggarakan pameran tahunan produk-produk pertanian dalam negeri.

Pameran bertajuk Agrinex Expo ini akan diselenggarakan untuk yang kesebelas kalinya.

Ketua Penyelenggara 11th Agrinex Expo, Rifda Ammarina menyampaikan pameran tahunan tersebut memiliki visi untuk memamerkan produk-produk pertanian lokal sehingga produksi para petani dapat terpromosikan dengan baik.

"Penyelenggaraan Agrinex Expo secara konsisten digelar setiap Maret. Tujuan awal kami sama sejak dulu, yaitu memperjuangkan produk-produk agribisnis agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri," jelas Rifda saat Soft Launching 11 Agrinex Expo di Kantor Kementerian Pertanian, Kamis (11/1/2017).

Rifda menyampaikan diselenggarakannya Agrinex juga merupakan upaya komprehensif panitia untuk menyatukan berbagai perbedaan sudut pandang pemangku kepentingan (stakeholder) soal bagaimana pangan lokal saat ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak lupa, kita harus memiliki visi peningkatan ekspor.

Menurutnya, saat ini sektor agribisnis diperbincangkan dengan berbagai sudut pandang, ada yang pesimis karena sebagai negara agraris, kita masih mengimpor sejumlah bahan pangan, bahkan pangan pokok.

Setiap tahun, rutin pula persoalan kenaikan harga komoditas tertentu.

Di sisi lain, ada pula berita-berita positif soal betapa harumnya komoditas perkebunan Indonesia di luar negeri. Sejumlah komoditas bahkan merajai pasar global seperti kopi, kakao, CPO, dan karet.

"Tema Agrinex kali ini adalah Food for All Seasons, yang artinya dengan semangat kerja pelaku pertanian dan dukungan infrastruktur, logistik, serta industri pengolahan, akan menjamin ketersediaan pangan di negeri ini sepanjang tahun," jelasnya.

Agrinex merupakan kerjasama yang telah berjalan selama 12 tahun antara Performax dan IPB, dengan melibatkan beberapa kementerian, Kadin, Apindo, Iwapi, MAI, dan beberapa asosiasi lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper