Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Negara Asean Sepakati Investasi dengan Mata Uang Lokal

Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand bersepakat untuk menandatangani dua Nota kesepahaman bilateral, Jumat (23/12/2016).
Agus Martowardojo/Antara
Agus Martowardojo/Antara

Bisnis.com,JAKARTA- Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand bersepakat untuk menandatangani dua Nota kesepahaman bilateral, Jumat (23/12/2016).

Dalam rilis yang diterima, nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, Gubernur Bank Negara Malaysia, Muhammad bin Ibrahim, dan Gubernur Bank of Thailand, Veerathai Santiprabhob.

Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand, masing-masing menandatangani nota kesepahaman dengan Bank Indonesia untuk pembentukan kerangka kerja sama untuk mendorong penyelesaian perdagangan bilateral dan investasi langsung dalam mata uang lokal (local currency settlement).

Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo mengatakan nota kesepahaman ini merupakan tonggak utama dalam kerja sama bank sentral di regional. Kerja sama bilateral ini,a lanjutnya, akan memfasilitasi kegiatan ekonomi dan keuangan antarketiga negara dengan lebih efisien.

“Hal tersebut akan memberikan manfaat bagi pelaku usaha melalui pengurangan biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi perdagangan dan investasi. Di tengah kondisi pasar keuangan global saat ini yang masih volatile, hal tersebut akan memberikan lebih banyak opsi bagi pelaku usaha dalam memilih mata uang untuk setelmen perdagangan,” paparnya.

Dia mengatakan, kerangka kerja sama ini akan membantu penggunaan mata uang lokal di kawasan Asean dan mendorong pengembangan lebih lanjut pasar keuangan regional dalam mendukung integrasi ekonomi dan keuangan yang lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper