Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERUMAHAN RAKYAT: Presiden Dorong Pengembang Bangun Rumah MBR

Pemerintah mendorong pelaku usaha di bidang properti untuk membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Peraturan Pemerintah untuk Paket Kebijakan Ekonomi jilid 13, ditargetkan terbit Desember.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 29 November 2016  |  11:44 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong pelaku usaha di bidang properti untuk membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Peraturan Pemerintah untuk Paket Kebijakan Ekonomi jilid 13, ditargetkan terbit Desember.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XV Realestate Indonesia (REI) Tahun 2016, meminta agar anggota REI fokus bekerja melaksanakan pembangunan untuk rakyat, serta memastikan masyarakat memiliki tempat tinggal yang layak.

Selain itu, Presiden juga meminta agar pengembang mempercepat pembangunan runah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Sekali lagi yang MBR, bukan yang lain. Jangan nanti salah di lapangan, yang dibangun rumah hanya untuk investasi, sudah punya dua-tiga rumah sebelumnya," katanya, Selasa (29/11/2016).

Untuk mempercepat pembangunan rumah MBR, pemerintah telah mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 13 yang memangkas sejumlah perizinan dan proses, meski masih ada yang harus diperbaiki lagi. Dulu, lanjut Presiden, perizinan mencapai 33 izin, sekarang hanya 11 izin. Bahkan, proses yang dulunya 900 hari, kini hanya 44 hari.

"Paket 13 kurangi biaya pengembang bangun rumah. Ya Pp belum jadi. PU sudah pindah ke Menko Ekonomi. Menko janji Desember ini diselesaikan," ujarnya.

Kepala Negara juga meminta agar pengembang bisa langsung menyampaikan kendala baik di lapangan baik di tingkat pusat maupun daerah terkait pembangunan rumah MBR.

"Saya tahu di lapangan ada kendala baik di pusat atau daerah tapi ini akan kita perbaiki. Saya menerima laproan dan saya cari tahu sendiri. Ketika ada masalah di lapangan tolong dilaporkan dan kita cari solusinya. Pemerintah selalu terbuka apalagi kalo terkait MBR. Datang ke Menteri. Menteri kita sekarang gampang dicari,  [atau] langsung sama saya," kata Presiden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan rakyat
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top