Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kiat Pemkot Kendari Dorong Pertumbuhan UMKM

Dinas Koperasi dan usaha kecil mikro menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong pertumbuhan UMKM di daerah itu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, KENDARI - Dinas Koperasi dan usaha kecil mikro menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong pertumbuhan UMKM di daerah itu.

"Caranya kami membuat gerakan kebangkitan kewirausahaan dalam upaya menumbuhkan lebih banyak lagi masyarakat menekuni Usaha Mikro Kecil Menengah," kata kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Laode Andi Pili, Minggu (13/11/2016).

Dia menyebutkan UMKM di Sultra jumlahnya cukup banyak tercatat ada sekitar 12.000 kelompok usaha. "Sekitar 75% merupakan kelompok usaha kecil dengan tenaga kerja antara 10-25 orang," kata Andi Pili.

Menurutnya, pihaknya akan melakukan langkah langkah dengan meningkatkan sarana dan prasarana perdagangan seperti di antaranya pembenahan pasar-pasar tradisional. "Kemudian mempermudah izin kepada para pelaku usaha, memberikan modal kepada pelaku usaha mikro," ujarnya.

Selain itu kata dia, upaya yang terpenting adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM), melakukan pengawasan dan pendampingan kepada para pelaku usaha.

"Kami juga akan menjalin kerjasama dengan pihak bank untuk mempermudah penyaluran KUR kepada pelaku usaha," katanya.

Andi Pili melanjutkan pihaknya menfasilitasi pelaku usaha untuk mengikuti agenda promosi di luar daerah, serta melakukan promosi hasil produksi UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper