Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turkish Airlines akan Buka Layanan Penerbangan ke Ngurah Rai 2017

Maskapai Turkish Airlines berencana membuka layanan penerbangan menuju Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali pada akhir 2017 seiring dengan tingginya permintaan dari luar negeri.
Suasana di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali/Bisnis.com-Natalia Kartika Indahningrum
Suasana di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali/Bisnis.com-Natalia Kartika Indahningrum

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai Turkish Airlines berencana membuka layanan penerbangan menuju Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali pada akhir 2017 seiring dengan tingginya permintaan dari luar negeri.

General Manager Turkish Airlines Indonesia Mehmet F. Gurulkan mengatakan pertumbuhan permintaan jasa angkutan udara di Indonesia saat ini, khususnya dari perjalanan internasional cukup baik, dan cenderung meningkat.

“Bali merupakan salah satu daerah wisata utama di Indonesia. Tentunya, kami ingin mencoba kesempatan di sana. Kami yakin Bali bisa memberikan benefit yang luar biasa bagi kami,” katanya di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Mehmet mengklaim dirinya telah bertemu dengan Kementerian Perhubungan, selaku otoritas penerbangan sipil Indonesia guna membicarakan rencana tersebut. Menurutnya, respons dari otoritas sangat baik, dan mendukung rencana Turkish Airlines itu.

Saat ini, dia mengaku Turkish Airlines masih menyelesaikan proses persyaratan administrasi untuk pembukaan rute baru tersebut. Rencananya, rute kedua Turkish Airlines di Indonesia itu akan mulai berjalan akhir tahun depan.

“Waktu yang dibutuhkan memang agak lama. Tapi kami maklum, karena memang lingkup pekerjaan otoritas penerbangan juga sangat luas, dan saya kira ini masih normal. Namun yang terpenting, Pemerintah Indonesia sangat mendukung,” tuturnya.

Sayangnya, Mehmet belum dapat menjelaskan lebih lanjut terkait rencana pembukaan rute baru ke Bali tersebut, baik jumlah frekuensi, jenis pesawat, rute dan lain sebagainya. Meski begitu, Turkish berkomitmen untuk mengembangkan konektivitas di Indonesia.

Sebelumnya, arus lalu lintas penumpang internasional di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali sepanjang Januari-September 2016 mencapai 7,45 juta penumpang, tumbuh 15,5% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 6,45 juta penumpang.

Pada saat bersamaan, arus lalu lintas penumpang domestik di Ngurah Rai mencapai 7,43 juta penumpang, naik 15,2% dari sebelumnya 6,45 juta penumpang. Secara total, pertumbuhan penumpang di Ngurah Rai tumbuh 17%.

Sejalan dengan itu, kinerja Turkish Airlines pada rute penerbangan langsung Instanbul-Jakarta juga terus mencatatkan kinerja yang cukup baik. Bahkan, kinerja pada sembilan bulan pertama ini berada di atas ekspektasi maskapai.

Mehmet mengungkapkan rata-rata tingkat keterisian pesawat (load factor) saat ini mencapai 85%-90%. Adapun, Turkish Airlines menggunakan pesawat B777 untuk rute perbangan Instanbul-Jakarta, dan memiliki jadwal penerbangan setiap hari (daily flight).

“Dengan capaian itu, kami optimistis pertumbuhan jumlah penumpang yang diangkut pada tahun depan mencapai 15%. Apalagi, konektivitas kami juga terus bertambah, terutama di Eropa dan Afrika,” ujarnya.

Sekadar informasi, konektivitas penerbangan Turkish Airlines hingga saat ini lebih banyak disumbang dari destinasi internasional, yakni sebanyak 244 destinasi atau 83% dari total 295 bandara yang didarati.

Dari 244 destinasi internasional tersebut, sebanyak 46% disumbang dari Eropa. Kemudian, Afrika sebesar 20%, Timur Tengah 14%, Far East (East Asia, Northeast Asia, North Asia, and Southeast Asia) 14%, dan Amerika sebanyak 6%.

Per Agustus 2016, Turkish memiliki jumlah armada sebanyak 335 pesawat dengan jumlah penumpang yang diangkut mencapai 33,74 juta penumpang. Rencananya, jumlah armada diproyeksikan mencapai 339 pesawat pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper