Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENDIDIKAN MARITIM: Pelindo III Sebar GM Jadi Guru SMA di 7 Provinsi

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar program pendidikan kemaritima bagi sisa-siswi sekolah di 7 provinsi di Indonesia
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 30 Oktober 2016  |  11:58 WIB
Ilustrasi. - .Bisnis
Ilustrasi. - .Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar program pendidikan kemaritima bagi sisa-siswi sekolah di 7 provinsi di Indonesia.

Program itu dilakukan dengan menugaskan kepada para pimpinan perusahaan di daerah (General Manager-red) untuk tampil menjadi guru pada 17 SMA/SMK yang tersebar di 7 wilayah Provinsi di Indonesia yang merupakan wilayah kerja Pelindo III.

Hal itu dimaksudkan untuk memperkenalkan Kemaritiman dan peran Pelindo III sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan kepelabuhanan kepada para generasi muda.

Kegiatan yang bertajuk 'BUMN Mengajar' itu berlangsung serentak di 17 SMA/SMK di 17 kota di provinsi yang menjadi wilayah kerja Pelindo III, dengan jumlah siswa yang terlibat setidaknya mencapai 4.030 siswa SMA/SMK, besok Senin (31/10/2016).

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto menyebut kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang telah berlangsung sejak akhir Juli lalu.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN tersebut bertujuan untuk mendekatkan perusahaan BUMN kepada masyarakat. Untuk itu, Pelindo III menyasar pada sekolah-sekolah yang berada di sekitar pelabuhan sebagai tujuan mengajar bagi masing-masing General Manager di daerah.

“Setiap General Manager tampil di hadapan sekitar 250 orang di masing-masing sekolah. Mereka memperkenalkan Pelindo III dan memberikan motivasi kepada para siswa agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul,” katanya dalam siaran pers, Minggu (30/10/2016).

Toto menyebut jika BUMN merupakan agen pembangunan bangsa. Para pengajar juga menjelaskan mengenai posisi Pelindo III dalam perekonomian nasional.

Nilai-nilai kepemimpinan dan kejujuran juga menjadi materi yang disampaikan kepada para siswa. Para General Manajer juga memberikan semangat dan motivasi untuk belajar lebih giat kepada para siswa, menjauhi narkoba dan mengisi dengan kegiatan yang positif agar dapat meraih cita-cita dan masa depannya.

“Kami berharap para siswa ini memiliki semangat untuk mengejar masa depan sesuai dengan cita-cita dan harapan mereka masing-masing. Para General Manager ini bisa menjadi contoh bahwa jika mau berusaha dan sungguh-sungguh dalam bekerja, maka kesuksesan itu dapat diraih,” lanjutnya.

Lebih lanjut Toto mengatakan kegiatan BUMNMengajar sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi para General Manager untuk menjadi pengajar di sekolah. Selama ini mereka dihadapkan pada rutinitas pekerjaan dan target-target dari perusahaan.

“Ini menjadi menarik karena para General Manager tidak memiliki latar belakang mengajar. Mereka harus bisa menjadi bintang di panggung BUMNMengajar dengan pengalaman hidup dan kepemimpinan mereka,” imbuhnya.

Apa yang dilakukan Pelindo III dapat menambah wawasan dan motivasi bagi para siswa sebagai bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pelindo III juga menyerahkan bantuan fasilitas pendidikanmencapai lima ratusan juta atau rata-rata sekitar tiga puluh juta pada setiap sekolah yang menjadi lokasi Pelindo III Mengajar.

Kegiatan BUMNMengajar merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengembangan pelindo iii
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top