Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PADI UNGGULAN: Pemerintah Siapkan Enam Juta Hektare Benih

Pemerintah menyiapkan benih padi unggulan yang dapat mencakup sekitar enam juta hektare padi unggulan untuk diberikan kepada petani Indonesia secara subsidi maupun cuma-cuma.
Amran Sulaiman/Antara-M. Agung Rajasa
Amran Sulaiman/Antara-M. Agung Rajasa

Bisnis.com, BOYOLALI - Pemerintah menyiapkan benih padi unggulan yang dapat mencakup sekitar enam juta hektare padi unggulan untuk diberikan kepada petani Indonesia secara subsidi maupun cuma-cuma.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu menjelaskan benih unggulan teknologi padi jajar legowo (jarwo) super yang disiapkan untuk empat juta hektare diberikan secara subsidi sedangkan benih untuk dua juta hektare diberikan gratis.

Varietas benih padi yang akan diberikan ialah varietas inpari 33 yang rencananya akan disebarkan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah perbatasan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Amran menjelaskan potensi ekspor komoditas beras di wilayah perbataan sangat mudah karena memiliki keuntungan geografis yang berbatasan dengan negara lain.

"Ini harus kita kembangkan, karena kita pasti bisa memenangi persaingan. Tinggal lempar (saja) menyeberang sudah ekspor, negara lain butuh waktu satu hingga dua minggu baru sampai," kata Amran, seperti dikutip Antara, Sabtu (29/10/2016).

Uji coba benih padi jarwo super di Desa Trayu, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali yang hanya pada lahan 100 hektare akan dikembangkan ke seluruh Indonesia karena bisa mendongkrak produksi beras naional.

Benih inpari 32-33 bisa mendongkrak produksi beras hingga dua kali lipat dari hasil panen biasanya.

Amran menyebut lahan pertanian padi di Indonesia berpotensi memenuhi kebutuhan beras di wilayah Asia Tenggara bahkan Asia apabila seluruh lahan sawah yang ada menggunakan benih teknologi padi jarwo super yang bisa melipatgandakan hasil produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper