Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Regulasi Turunan UU Tapera Segera Terbit

Regulasi turunan dari UU Tapera segera diterbitkan. Saat ini, peraturan pemerintah mengenai UU tersebut dalam tahap finalisasi di meja Presiden Joko Widodo.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 28 Oktober 2016  |  18:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Regulasi turunan dari UU Tapera segera diterbitkan. Saat ini, peraturan pemerintah mengenai UU tersebut dalam tahap finalisasi di meja Presiden Joko Widodo.

"Peraturan Pemerintah sudah dalam tahapan penyelesaian dan nama-nama klomite Tapera sudah di presiden, tentunya kita harapkan bisa segera terselesaikan," kata Ketua Panja RUU Tapera M. Misbakhun dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (28/10/2016).

Dia menjelaskan, kehadiran regulasi ini dalam rangka mensinkronkan dan mengintegrasikan jaminan sosial masyarakat. Prinsip dasarnya adalah mengembalikan eksistensi negara kita dengan sistem kegotong royongan.

Menurutnya, filosofi UU Tapera adalah negara menjamin kebutuhan perumahan rakyat. "Setiap tahun kita membutuhkan perumahan yang besar, karena itu butuh dukungan negara melalui mandat UU itu," imbuhnya.

Politikus Partai Golkar ini menjamin, peraturan itu nantinya tidak akan membebani pengusaha dalam proses penghimpunan iuran. Saat skema tabungan ini berjalan, kata dia, maka akan dapat mengatasi backlog perumahan yang ada

"Backlog itu datanya sudah 15 juta unit. Setiap tahun kita butuh lebih dari 800 sampai 900 ribu unit. Yang bisa bisa dipenuhi sampai saat ini 300 ribu unit per tahun. Sisanya kemana, ya di situlah peran negara lewat Tapera," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan tapera
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top