Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Longsor, KAI Intensifkan Pemantauan

PT Kereta Api Indonesia lakukan pantauan intensif terhadap daerah-daerah lawan longsor dan banjir akibat tingginya curah hujan beberapa hari belakangan.

Kabar24.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia lakukan pantauan intensif terhadap daerah-daerah lawan longsor dan banjir akibat tingginya curah hujan beberapa hari belakangan.
 
Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta Sapto Hartoyo mengatakan, perusahaan beberapa waktu lalu memantau jalur kereta api lintas Bogor – Sukabumi. Dia mengungkapkan, di lintas tersebut terdapat titik rawan longsor.
 
Berdasarkan hasil pantauan perusahaan, dia mengungkapkan, untuk sementara ini lintas Bogor – Sukabumi masih aman untuk dilewati.
 
“Kalau [pengawasan] rutin itu sudah ada jadwalnya 24 jam. Kita bagi dalam beberapa shift. Cuma lebih diintensifkan lagi,” kata Sapto, Jakarta, Kamis (13/10).
 
Dia menambahkan, perusahaan saat ini tidak memberikan perhatian khusus kepada lintas-lintas tertentu terkait dengan kemungkinan adanya banjir yang merendam rel akibat hujan yang sering terjadi.
 
Perusahaan, paparnya, memberikan perhatian yang sama kepada seluruh jalur kereta api yang ada di daerah operasi 1. Semua jalur kereta api, imbuhnya, berpotensi terkena banjir – termasuk jalur kereta rel listrik.
 
“Saya kira semua diantisipasi, semua jalur. Tidak ada pengecualian,” tambahnya.
 
Dia menjelaskan, perusahaan dalam kegiatan persiapan sehari-harinya biasanya memberangkatkan tim penilik jalan untuk memeriksa kondisi jalan sebelum kereta pertama berangkat. Tim tersebut, paparnya, akan melaporkan kondisi jalur kereta api tersebut.
 
Tidak hanya itu, perusahaan juga mengantisipasi gorong-gorong yang dilewati oleh jalur kereta api dan melakukan pembersihan jika terdapat kemungkinan menimbulkan banjir.
 
“Berurutan itu jalurnya, satu kena semua [jalur kereta api] akan berimbas,” ungkapnya.
 
VP Corporate Communication PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya tidak memiliki persiapan khusus terkait dengan kemungkinan terjadinya banjir saat ini. Hanya saja, paparnya, perusahaan memberikan pembinaan dan arahan kepada petugas di lapangan.
 
Dia menuturkan, perusahaan meminta para petugas di lapangan seperti masinis dan frontliner lainnya lebih waspada terhadap kondisi cuaca.
 
Berdasarkan situs prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dilihat Bisnis, kondisi cuaca di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi rata-rata turun hujan pada Jumat, 14 Oktober 2016.
 
Hujan yang terjadi, masih menurut BMKG, rata-rata bersifat ringan hingga sedang. Hujan lebat diperkirakan akan terjadi pada siang hari di Depok dan Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper