Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENTAN: Impor Kerbau India Dilanjutkan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan terus melanjutkan impor daging kerbau dari India untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat seiring masih tingginya daging sapi di pasaran.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan terus melanjutkan impor daging kerbau dari India untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat seiring masih tingginya daging sapi di pasaran.

"Selama masyarakat butuh kami akan lanjutkan," kata Menteri Amran di sela menghadiri pembukaan Pameran Pangan Nusa dan Produk Dalam Negeri Regional 2016 di Lapangan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis (6/10/2016).

Menurut Amran, pengadaan daging kerbau akan tetap dilakukan dengan prinsip tetap melindungi peternak lokal. Caranya, antara lain dengan membatasi distribusi daging kerbau impor itu khusus untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Selain itu kami juga memberikan inseminasi buatan (IB) untuk peternak guna mempercepat produksi," kata dia.

Ia mengatakan untuk harga daging kerbau impor di pasaran Indonesia saat ini setara dengan harga di Malaysia yang sebelumnya dikabarkan lebih murah. Baik di pasaran Indonesia maupun di Malaysia, harga daging kerbau impor sama-sama dijual Rp65.000 per kg.

"Sekarang harganya relatif sama, sama-sama dijual Rp65.000 per kg," kata dia.

Sementara itu, dalam rangka mempercepat swasembada daging sapi, menurut Amran, Kementan pada tahun depan akan memberikan empat juta paket inseminasi buatan gratis untuk peternak di seluruh provinsi.

Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi, Indonesia tahun ini masih perlu mengimpor satu juta ekor sapi hidup.

Untuk mempercepat produksi sapi dalam negeri, menurut dia, Kementen dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) saat ini menerapkan kebijakan baru dengan mewajibkan keberadaan indukan sapi di setiap impor sapi bakalan.

"Sekarang rata-rata impor sapi bakalan 700.000  ekor yang kami harapkan 20% di antaranya adalah indukan," kata Amran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper